Pada umumnya, pebisnis dari generasi milenial dan z tak lepas dari upaya pemasaran digital marketing. Tak heran apabila mereka selalu kreatif dalam menciptakan peluang usaha dari social media. Salah satunya TikTok, platform yang sedang digemari oleh banyak wirausaha muda untuk memanfaatkan TikTok sebagai ladang marketing menjanjikan saat ini. Mereka memanfaatkan efektifitas TikTok Ads sebagai sarana marketing demi meningkatkan performa bisnis.
Dilansir dari Hootsuite, TikTok telah memiliki 800 juta pengguna aktif setiap bulan hingga hari ini. Dari jumlah tersebut, platform TikTok diketahui telah mengalahkan platform lain seperti Reddit (sekitar 430 juta), Twitter (340 juta lebih, hingga LinkedIn (660 jutaan). Dengan data tersebut potensi meraup keuntungan bisnis jadi lebih mudah dengan memasang iklan di TikTok.
Tren konten marketing TikTok Ads saat ini tentu sedang banyak digunakan oleh sebagian besar pengguna untuk meningkatkan popularitas bahkan penggemar. Mulai dari video edukasi, komedi, serial, hingga religi bisa Anda temukan di TikTok. Berkat tingginya minat terhadap pengguna, mulai banyak pula jasa profesional TikTok Ads yang mungkin sesuai dengan kebutuhan Anda.
Kenapa TikTok?
Dimulai pada Juni 2018 lalu, TikTok mulai beredar di industri social media dunia sebagai alat untuk merekam aktivitas melalui video singkat, kemudian menjadi tempat untuk beriklan paling penting di abad ini.
Bahkan, dengan segala hiruk-pikuk aktivitas pengguna di TikTok, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) pernah memblokir sementara TikTok, lho. Saat itu, penyebabnya adalah penyalahgunaan tiap video yang beredar dan laporan-laporan bahwa konten TikTok mengandung nilai-nilai yang negatif. Meski pada akhirnya, dengan segala kesepakatan yang terjalin dengan pihak Kemenkominfo, TikTok kembali dibuka.
Meski setelah reputasi buruk terjadi banyak yang beranggapan TikTok bakal menurun, ternyata TikTok berhasil menjadi aplikasi paling banyak di download.
Hal itu berdasarkan hasil riset Sensor Tower, TikTok berhasil menjadi salah satu aplikasi yang paling banyak didownload oleh lebih dari 150 negara.
Bagaimana efektifitas bisnis melalui TikTok?
Fakta di atas tak bisa dipandang sebelah mata untuk sebuah bisnis di era digitalisasi. Efektifitas bisnis dengan konten marketing TikTok Ads yang begitu populer, dapat memberikan pertumbuhan yang begitu pesat. Sudah banyak bukti konkret dari brand-brand besar di Indonesia yang tertarik beriklan di dalamnya, seperti BukaLapak, Traveloka dan Gojek.
Sama halnya seperti beriklan di Google, Facebook, Instagram, TikTok Ads profesional expert bisa membuat jutaan mata tertuju pada produk/brand bisnis Anda.
Dengan fitur penargetan tepat dan canggih untuk membuat iklan TikTok Ads, Anda butuh jasa profesional TikTok Ads seperti digital agency Jakarta. Saat ini, jasa profesional TikTok Ads sedang marak diterapkan oleh label bisnis kecil, menengah dan besar untuk mendapatkan respon secara cepat dan tepat. Berikut jenis-jenis TikTok Ads profesional expert yang digunakan oleh beberapa negara di dunia marketing digital.
- Pre-roll ads – Iklan video yang dimulai setelah pengguna mendaftar dan membuka aplikasi TikTok
- In-feed ads – Iklan video yang muncul saat pengguna melancarkan scroll feed
- Promoted hashtag challenges – Video yang menciptakan penasaran para pengguna dengan tagar khusus
- Branded effects – Filter efek khusus yang digunakan oleh pembuat konten di video dengan informasi khusus brand yang ditampilkan
Dari sekian banyak jenis TikTok Ads profesional expert yang digunakan, marketer atau jasa profesional TikTok Ads memahami jenis kebutuhan bisnis Anda. Karena, regulasi dan algoritma di TikTok pun tidak serta merta sempurna untuk pebisnis yang baru berkecimpung di TikTok Ads. Seperti yang sudah dijelaskan di awal, bahwa strategi konten marketing TikTok Ads dianggap sebagai aplikasi generasi milenial dan z dengan rata-rata usia pengguna di bawah 30 tahun.
Hal ini pula yang melatarbelakangi pebisnis, marketer, maupun jasa profesional TikTok Ads membangun strategi marketing di TikTok bagi bisnis. Jadi sudah bisa dibayangkan konten marketing TikTok Ads seperti apa yang menjadi asupan pengguna sehari-hari.
Tips Jitu TikTok Ads yang Efektif untuk Bisnis
Dengan format konten marketing TikTok Ads, pebisnis jadi lebih efektif meng-kampanyekan produk bisnis untuk meningkatkan reach.
Buatlah video untuk audiens mobile
Menurut Appsflyer, konten marketing TikTok Ads ada baiknya dibuat dalam bentuk vertikal. Agar pengguna dapat menikmati layanan dan resolusi video yang cukup baik. Pada dasarnya TikTok menjadi platform video sharing yang paling mendukung format vertikal audiens mobile. Dengan resolusi 9:16 pixel sudah pasti memiliki performa yang lebih baik dari formal horizontal.
Buatlah teknik Hook Elegan
Dalam konten marketing TikTok Ads, marketer dapat menerapkan teknik hook elegan agar pengguna tidak langsung skip video ads ketika muncul di beranda. Buatlah video tersebut tampil secara persuasif untuk menciptakan drama penasaran. Atau temukan hal-hal yang bisa memotivasi pengguna agar tetap berada dalam video tersebut. Biasanya sesuatu konten seperti fakta atau data penting yang lagi trending dapat menarik perhatian pengguna.
Ikuti Tren kekinian
Biasanya pengguna muda suka melirik rutinitas konten marketing TikTok Ads kekinian. Mengikuti arus tren yang berlaku perlu digunakan, dengan cara ini produk Anda mungkin lebih besar diperhatikan oleh pengguna dibanding kompetitor di TikTok. Cara jitu mencari tren yang booming, jasa profesional TikTok Ads akan mempelajari brand-brand bisnis kompetitor untuk memikat pengguna lebih banyak. Mereka akan mengenali tantangan-tantangan yang sedang viral di TikTok.
Buatlah video singkat dan jelas
Tips jitu satu ini sangat tepat untuk pengguna dapat terkoneksi dengan video yang dirancang khusus dalam durasi singkat. Kenapa? Simple-nya, pengunjung dapat penasaran terhadap sebuah konten di awal bukan di akhir. Jadi, buatlah video singkat dan jelas mengenai konten marketing TikTok Ads produk di bawah 60 detik. Siapkan set terbaik di detik awal supaya pengguna mengetahui apa yang disampaikan. Manfaatkanlah waktu dengan mengedepankan visual produk bukan dengan dialog atau percakapan terlalu panjang.
Memaksimalkan User Generated Content (UGC)
Sebagai TikTok Ads profesional expert yang Anda pilih akan memanfaatkan UGC tersebut untuk keperluan meningkatkan bisnis secara efektif. Cara jitu ini tentu sangat tepat, mengingat perusahaan dan marketer di bidang produksi kreatif saling berkompetisi dengan cepat. Mereka selalu mengkomunikasikan aplikasi, produk, brand, games, hingga fitur produk untuk berpikir di luar tren yang berlaku.
Dengan memaksimalkan User Generated Content, Anda bisa mempresentasikan brand dengan bijaksana. Supaya bisa lebih efektif lagi, sebagai pebisnis Anda dituntut layaknya seorang TikToker yang peduli terhadap penggunanya. Oleh karena itu, ukur kinerja dan perilaku pengguna TikTok, lalu tingkatkan strategi marketing bisnis sesuai konten, minat, serta kebutuhan mereka dengan TikTok Ads Agency Jakarta.
TikTok Ads Agency Jakarta
IDEOWORKS merupakan salah satu Creative Digital Agency Jakarta Indonesia yang mampu mengimplementasikan segala bentuk marketing digital melalui social media, salah satunya TikTok. IDEOWORKS telah dipercaya oleh ratusan klien untuk menjalankan metode bisnis mereka dengan strategi kekinian. IDEOWORKS memiliki tim creative marketing yang dapat melakukan tahapan-tahapan sukses bagi pebisnis baru, menengah dan besar dengan rate mencapai 100%. Mau tips jitu dari TikTok Ads Agency Jakarta? Ya, IDEOWORKS.ID aja.