Preloader

Tugas Creative Agency pada setiap Brand Campaign

Seluruh aktivitas yang berhubungan dengan periklanan dan pemasaran membutuhkan komunikasi agar dapat berjalan dengan lancar. Periklanan menjadi salah satu metode komunikasi yang dilakukan agar detail dan keunggulan dalam produk dapat dikenal oleh masyarakat luas.

Menyampaikan detail dan keunggulan produk dengan cara yang tepat bukan hanya dapat memikat target pembeli, tetapi juga membuat produk dikenal oleh khalayak ramai. Seni persuasi ini melibatkan komunikasi satu arah yang seharusnya dapat memengaruhi dan menyakinkan target pembeli.

Hal yang menjadi tugas creative agency ini merupakan kampanye yang dilakukan dengan memenuhi tuntutan spesifik dari para klien. Membutuhkan ide dan kreatifitas tak terbatas, creative agency akan mencurahkan ide inovatif yang dibagikan dengan berbagai macam perspektif yang unik dan berbeda.

Apa yang Dimaksud dengan Creative Agency?

Creative agency menjadi salah satu bentuk layanan dalam bidang jasa yang berfokus pada hal-hal terkait dengan periklanan. Beberapa hal yang dilakukan, termasuk mendesain suatu produk dengan daya tarik visual, seperti desain logo hingga konsep branding secara keseluruhan.

Sejumlah upaya tersebut dilakukan untuk menarik minat para pembeli dari produk yang ditawarkan. Ketimbang perencanaan marketing, creative agency lebih memfokuskan diri pada pembuatan desain. Dengan kata lain, tugas digital creative media adalah membuat desain menarik sebagai bahan marketing suatu produk.

Apa Saja Tugas Creative Agency?

Setelah mengetahui apa yang dimaksud dengan creative agency, berikut ini beberapa tugas yang dijalankan:

1. Melakukan Penelitian Produk 

Tugas creative agency yang pertama adalah melakukan penelitian produk. Tim creative agency perlu mengetahui plus minus dari suatu produk, dan akan menekankan kelebihan atau keunggulan untuk menarik target pembeli. Selain dengan produk, penelitian juga dilakukan pada target pasar.

Target pasar sendiri adalah sekelompok konsumen atau pelanggan yang menjadi sasaran bisnis untuk melakukan pendekatan. Tujuannya sudah jelas, yaitu agar kelompok konsumen tersebut membeli produk yang diiklankan. Target pasar bisa diklasifikasikan berdasarkan rentan usia, kesukaan, sifat, dan kebiasaan.

2. Membuat Iklan Menarik untuk Target Pembeli

Tugas digital creative media selanjutnya adalah membuat iklan menarik untuk target pembeli. Iklan yang dibuat ini akan disebar ke berbagai platform media sosial. Sebuah creative agency akan terlibat dalam seluruh kegiatan yang menjadi dasar layanan periklanan, seperti:

  • Proses visualisasi iklan.
  • Skrip iklan. 
  • Rancangan logo dan poster.
  • Tagline dari produk tertentu.
  • Produksi iklan.

Bisa dibilang, membuat iklan yang menarik bagi target pembeli merupakan  tugas digital creative media yang utama dan paling kreatif serta visioner. Pasalnya, hal tersebut melibatkan manifestasi ide dari seluruh tim, yang akan ditampilkan dalam bentuk visual dan disebarluaskan di berbagai platform.

3. Manajemen Akun

Manajemen akun menjadi salah satu tugas creative ideas digital agency yang cukup sensitif dan dinamis. Dalam hal periklanan, akun disebut sebagai klien yang dikelola oleh creative agency. Manajer akun bertanggung jawab untuk menjembatani kesenjangan antara klien dan semua departemen lain yang terkait dalam biro iklan. 

Manajer akun ini yang akan mengatur pertemuan klien dan memahami tujuan, kebutuhan, dan preferensi mereka. Pembuatan profil yang dilakukan oleh manajer akun akan membentuk dasar dari iklan. Di sini, manajer akun dapat melacak semua umpan balik dari audiens terkait dengan iklan yang ditampilkan.

4. Menyusun Anggaran

Tidak ada kegiatan pemasaran yang dapat dilakukan secara berkelanjutan tanpa menyusun anggaran. Hal ini merupakan tanggung jawab creative ideas digital agency untuk memastikan kebutuhan anggaran dan membantu klien dalam merumuskan anggaran iklan tetap.

Creative agency akan menyediakan akun ekstensif tentang semua biaya yang harus dikeluarkan dan pendapatan yang kemungkinan dihasilkan selama periode waktu tertentu. Langkah ini akan membantu pelaku bisnis dalam membuat keputusan penting yang berkaitan dengan kampanye iklan dan jalannya bisnis.

5. Mengembangkan Strategi Pemasaran

Berdasarkan penelitian yang dilakukan, biro iklan membantu pelaku bisnis dalam mengembangkan strategi pemasaran yang kuat dan menerapkannya dalam bentuk kampanye iklan. Hal tersebut tergantung pada sasaran pemasaran, anggaran, dan audiens yang ingin dituju.

Selanjutnya, creative agency akan membuat kampanye iklan dalam jangka waktu tertentu. Creative agency juga bertanggung jawab untuk menjaga kerahasiaan dan transparansi di setiap tahap kampanye iklan yang dilakukan. Hal tersebut dilakukan guna menjaga kerjasama agar dapat berjalan dalam jangka waktu yang lama.

Apa Saja Keuntungan Menggunakan Creative Agency?

Creative agency bukan hanya sekedar periklanan saja, tetapi juga berperan dalam branding suatu produk. Perannya dalam membantu klien dalam menciptakan identitas brand yang kreatif sangat diperlukan di era media sosial seperti sekarang ini. Berikut ini sejumlah keuntungan menggunakan creative ideas digital agency:

1. Desain Lebih Kreatif

Creative agency akan berusaha mewujudkan keinginan sekaligus mengarahkan klien terkait dengan visualisasi iklan dari produk tertentu. Cara kerjanya adalah dengan menekankan kreativitas dari pengembangan ide awal klien dalam membentuk brand yang diinginkan.

2. Waktu Lebih Efisien

Menggunakan jasa creative agency tidak ada ruginya, karena Anda lebih menghemat waktu dalam menentukan konsep iklan. Anda juga tidak perlu repot untuk mengelola aktivitas dan proses branding suatu produk. Creative agency akan mempermudah waktu, tentunya dengan konsep yang Anda inginkan.

3. Lebih Efektif dan Hemat Anggaran

Menggunakan creative agency juga dinilai lebih efektif dan hemat anggaran. Jika tidak menggunakan creative agency, pemilik produk cenderung akan merasa kewalahan dari segi proses, sehingga memakan biaya yang lebih mahal. Apalagi jika belum memiliki pengalaman yang mumpuni dalam hal ini.

Tidak perlu takut, karena menggunakan jasa creative agency dapat disesuaikan dengan budget yang Anda miliki. Pihak creative agency pun akan menawarkan berbagai macam paket yang sesuai dengan budget. Jadi, klien tidak merasa terbebani, sekaligus bisa mendapatkan sesuatu yang diinginkan.

4. Memiliki Jaringan yang Luas

Menggunakan jasa creative agency akan membuat Anda memiliki jaringan yang lebih luas. Pihak creative agency yang sudah ahli dalam digital marketing tentu sangat menguasai dan berbagai media sosial, serta mengerti bagaimana cara menarik perhatian pembeli dari masing-masing platform.

5. Mendapatkan Keuntungan Maksimal

Terakhir, klien akan mendapatkan keuntungan maksimal. Profit yang didapatkan bukan hanya terjadi dalam jangka pendek saja, lo. Jika kerjasama antara pelaku bisnis dan creative agency berjalan dalam jangka waktu yang lama, bukan hal yang tidak mungkin untuk meraup keuntungan maksimal.

Itulah fungsi dan kelebihan menggunakan creative agency untuk memperkenalkan produk Anda pada target pembeli. Jika sedang mencari creative digital agency Jakarta dengan layanan lengkap, segera kunjungi kami di IDEOWORKS. Kami siap melayani dan memberikan layanan yang sesuai dengan keinginan Anda!

Let’s talk about your brand