Preloader
Wajib Coba! 8 Konten yang Tinggi Engagement Menurut Digital Market Agency

Wajib Coba! 8 Konten yang Tinggi Engagement Menurut Digital Market Agency

Bagi brand bisnis digital marketing, engagement atau interaksi di platform social media adalah hal yang sangat penting. Saking pentingnya, brand atau Anda sebagai pebisnis butuh jasa digital market agency terbaik sebagai cara untuk tetap terhubung dengan audience. Apalagi di era serba digital yang semakin banyak pengguna mengekspresikan dirinya sehari-hari melalui social media. Tentu menambah efektivitas pebisnis dalam mempromosikan produk atau jasanya dengan praktis, mudah, dan budget sedikit.

Bagaimana caranya?

Salah satu yang menjadi tools social media marketing populer yang mencapai engagement rate menurut digital market agency adalah Instagram. Instagram memiliki fitur yang lengkap dalam menunjang kebutuhan content marketing promotion bisnis Anda. Melalui Instagram, Anda dapat membagikan foto, video, cerita, tulisan, message, hingga komentar dalam sebuah konten yang menarik. Dari sini, marketer perlu menyiapkan ide konten Instagram menarik untuk menarik perhatian audiens.

Menurut Hubspot, Instagram termasuk dalam jenis aplikasi foto. Sebab, Instagram dapat memiliki fitur canggih yang dapat membagikan foto, video menarik, khususnya untuk promosi produk bisnis. Nah, Anda bisa memanfaatkan fitur tersebut untuk membagikan konten produk yang menarik untuk meningkatkan engagement rate.

Namun, ada kalanya dalam membagikan konten Instagram tidak hanya sebagai memposting saja, ya. Anda perlu menerapkan perencanaan (content planning) yang tepat sasaran. Di sini, Anda dituntut untuk memberikan sejumlah aktivitas, referensi, hingga ide kreatif untuk membangun sebuah hubungan terhadap calon customer bisnis Anda secara berkelanjutan.

Engagement di social media dapat diukur berdasarkan parameter, yakni share, comments, like, followers, jumlah klik-tayang, mention (tagar), dan hastag bermerk. Pada umumnya, engagement di social media akan tinggi setiap kali ada yang berinteraksi dengan akun bisnis Anda. Dan, tolak ukur tingginya engagement dapat dihitung dengan berbagai cara. Salah satunya dengan konten!

Berikut 8 konten yang tinggi engagement menurut Digital Market Agency Strategy

Bagi Anda pebisnis yang ingin mendapatkan engagement rate di social media, pilihan tepat dengan menggunakan jasa digital market agency terbaik. Selain memiliki tim profesional, mereka dapat menciptakan konten berbasis digital marketing sesuai target engagement audience Anda.

Menghibur, Segar, dan Menarik – Meme Contents

Sebelum memahami seluk-beluk membuat konten meme di Instagram (social media platform), Anda perlu mengetahui maksud dari meme tersebut. Secara mudah, Instagram meme adalah sebuah cara penyampaian konten dengan tujuan menghibur, segar dan menarik kepada pengguna. Tujuan penggunaan meme biasanya dipadukan dengan unsur gambar dan teks. Fungsi teks sebagai gambaran tentang sebuah kondisi, sementara objek atau gambar berfungsi sebagai elemen pendukung dari teks tersebut.

Penggunaan meme dalam Instagram awalnya memang tanpa tujuan. Namun, pada kenyataanya penggunaan meme ini tepat kepada membangun kedekatan dengan audience. Dengan begitu, meme dapat berfungsi untuk menaikan value sebuah brand bisnis. Konten yang menghibur itulah yang akan mendatangkan engagement rate cukup tinggi pada konten bisnis Anda.

Rekomendasi Lagu, Film, atau Destinasi Wisata

Selain menarik, konten rekomendasi juga termasuk dalam meningkatkan engagement rate bisnis digital marketing Anda. Ide konten rekomendasi pada social media terutama Instagram bermacam-macam, yakni mulai dari rekomendasi lagu populer, film, webinar, hingga destinasi wisata yang patut dikunjungi. Bisa juga konten rekomendasi sesuai bidang bisnis Anda saat ini.

Misalnya, usaha bisnis Anda adalah coffeeshop, tentu Anda bisa gunakan konten rekomendasi tempat favorit untuk keluarga, anak muda, serta teman nongkrong di coffee-shop. Dengan adanya konten rekomendasi tersebut, membantu calon customer Anda dapat menentukan pilihan dan relate untuk dikunjungi (membeli produknya).

Menyajikan Data Informasi – Informative Contents

Social media bukan hanya sebagai wadah dalam membagikan foto dan video, tetapi sebagai sarana untuk mendapatkan informasi tertentu buat para penggunanya. Begitu pun sama halnya dengan berbisnis, Instagram tak hanya untuk berjualan, tetapi bisa lebih luas jangkauannya. Konten informatif salah satunya menjadi daya tarik tersendiri bagi pasar yang luas tersebut. Apalagi konten tersebut dapat dengan mudah menyajikan menggunakan data. Bisa menarik engagement rate yang maksimal dalam penyebarannya.

Kenapa bisa mendapatkan engagement tinggi?

Konten yang berisikan data secara detail, semisal pertumbuhan ekonomi, data UMKM, data lowongan pekerjaan, maupun data mengenai kejadian-kejadian yang viral paling banyak dicari saat ini. Oleh karena itu, marketer atau pebisnis bisa membuat jadwal secara rutin untuk membagikan konten informatif secara konsisten dan terstruktur.

Konten Reels yang Menarik

Sejak perilisannya pada tahun 2021, reels telah menjadi fitur social media yang berhasil memikat pengguna. Melalui reels, Anda atau marketer bisa membagikan vertical video berdurasi hingga 60 detik—berbeda dengan story Instagram yang lebih singkat. Konten reels yang menarik berupa single video dan dapat berupa gabungan beberapa video sekaligus. Dengan fitur yang lengkap, reels dapat menambahkan musik, tulisan, serta efek lainnya.

Saat ini Anda bisa membuat konten reels yang menarik berisi detail produk, QnA, tebak-tebakan, tips and trick, promotion, hingga profil bisnis. Sebagai tambahan, reels dapat menampilkan konten dalam satu ukuran layar penuh, sehingga membuat fokus audience semakin tertarik.

Konten Berupa Saran atau Solusi Pemecahan Masalah

Berikut adalah solusi pemecahan masalah dapat menghadirkan engagement rate tinggi yang mungkin relate oleh calon pelanggan Anda. Konten tersebut biasanya mengambil alternatif dari pemecahan masalah yang customer hadapi ketika membeli atau menggunakan sesuatu produk tertentu. Dalam hal ini, Anda bisa gunakan konten solutif secara soft selling dengan menampilkan produk Anda di dalamnya.

Contohnya, ketika Anda memiliki bisnis minuman kekinian, Anda bisa menawarkan konten minuman keunggulan yang bisa meningkatkan semangat (mood-booster). Buatlah konten minuman Anda sebagai solusi untuk mengatasi kegundahan calon customer seperti para pekerja yang sibuk, siswa yang sedang tugas, dan mantan yang sedang galau. Dengan begitu, calon customer akan merasa bahwa produk minuman kekinian Anda mampu menjadi jawaban kondisi mereka saat ini.

Tren – Konten bisa sebuah Kalimat atau Video Viral

Konten up-to-date atau konten tren terbaru yang bisa Anda ikuti perkembangannya. Karena dalam bisnis digital marketing, tentu Anda tak boleh melewatkan sebuah konten tren yang sedang viral atau hype. Sebab, dunia maya bisa mengubah segalanya dengan sangat cepat. Oleh karena itu, penting bagi Anda atau marketer atau dalam hal ini jasa digital market agency strategy memberikan respon cepat terhadap perkembangan konten tren.

Konten tren biasanya berupa sebuah kalimat atau video yang sedang viral di social media. Anda bisa menjadikan konten tersebut sebagai ide utama dalam pembuatan konten sesuai karakter bisnis Anda, dengan begitu, konten tren akan lebih menarik dan menghibur audience sehingga meningkatkan engagement.

Konten Tips dan Trik

Buatlah konten tips dan trik dengan rutin yang berhubungan dengan bisnis Anda. Postingan berupa tips keseharian, tips menjaga kesehatan, tips hemat liburan, hingga tutorial yang bermanfaat sangat digandrungi oleh audience. Membagikan konten menghibur, edukatif, dan informatif seperti ini dapat menjangkau pengikut Anda, merasa terbantu dan diperhatikan kebutuhannya.

Giveaway – Konten bisa meningkatkan Interaksi Followers

Konten selanjutnya adalah aktivitas marketing digital yang dapat diterapkan dengan cara membagikan hadiah bersyarat. Bicara hadiah dengan program ‘challenge’ seperti ini bisa meningkatkan interaksi dari followers Anda. Siapa yang gak suka dengan hadiah? Oleh karena itu, adakan konten kuis berhadiah (giveaway) dengan cara yang menarik. Siapkan hadiah yang dapat digunakan secara langsung atau ketika berbelanja, seperti voucher atau gratis produk bisnis Anda.

Selanjutnya, tentukan syarat dan ketentuan dalam kuis tersebut. Contohnya, mengajak followers untuk meninggalkan komentar, tag teman untuk follow akun bisnis Anda, hingga klik link di bio. Dengan begitu, Anda sudah mendapatkan interaksi dua arah dan memperoleh umpan balik—yang dinamakan memperoleh engagement rate.

Dengan memaksimalkan konten engagement rate di atas tentu Anda perlu mendapatkan ide-ide yang cukup kreatif dan konsisten. Tapi Anda tidak perlu khawatir memikirkan itu semua, karena kami ada untuk Anda. Serahkan social media marketing pada ahlinya, IDEOWORKS.

IDEOWORKS menjadi jasa digital market agency terbaik yang tepat dengan tim profesional memaksimalkan engagement tinggi dari konten social media marketing. Dengan IDEOWORKS, dipastikan bisnis digital Anda mencapai target mendekati 100%. Hubungi IDEOWORKS, sekarang!

Let’s talk about your brand