Articles

30 September 2021

Yang Harus Pebisnis Perlu Ketahui Soal Tiktok

Pandemi Covid-19 yang melanda sejak 2020, mendorong pelaku bisnis melakukan inovasi dan menentukan strategi komunikasi pemasaran yang tepat. Pembatasan gerak sosial membuat media sosial dan platform digital lainnya menjadi kunci sukses dalam memasarkan produk atau jasa.

Seiring dengan berkembangnya teknologi komunikasi dan informasi, penggunaan media digital di seluruh dunia menjadi sangat pesat. Media sosial yang pada dasarnya berfungsi sebagai saluran komunikasi dan informasi, kini semakin dimanfaatkan sebagai sarana untuk berbisnis. Alasannya, media sosial memiliki jumlah pengguna yang besar serta cakupan pasar yang luas.

Sederet media sosial populer di Indonesia digunakan untuk mendorong perkembangan bisnis. Pebisnis

Semakin memperhitungkan keberadaan media sosial dalam strategi integrated marketing communication. Sebut saja adalah Youtube, Instagram, Facebook, Twitter, Line, atau yang kini makin top yaitu  Tiktok.

Best integrated marketing campaigns merupakan sebuah pilihan untuk menentukan strategi pemasaran yang tepat di semua saluran pemasaran, seperti direct marketing, sales promotion, public relations, personal selling, advertising, event and experiences, dan interactive marketing.

Keberadaan integrated marketing communication memiliki peranan yang penting di dalam sebuah perusahaan. Melalui integrated marketing communication, sebuah perusahaan mampu membangun sebuah persepsi tentang sebuah merek ataupun brand dan juga citra di mata masyarakat.

Memasukkan Tiktok dalam integrated marketing communication plans bisa menjadi pilihan yang tepat. Apalagi, platform yang satu ini merupakan salah satu yang digemari di Indonesia. Misalnya saja dilakukan dengan memanfaatkan jasa endorsement untuk menguatkan pesan iklan.  Jasa endorsement merupakan bentuk promosi mengenalkan produk atau jasa kepada follower yang dimiliki oleh seorang influencer, selebgram, atau selebritas. Kegiatan ini dinilai cukup efektif apabila tepat dalam memilih influencer dengan target pasar yang sesuai juga.

Apabila kesulitan untuk menyusun integrated marketing communication plans, Anda bisa menyewa jasa integrated marketing agency. Integrated marketing agency adalah perusahaan yang bergerak di bidang marketing, berfungsi untuk memenuhi semua kebutuhan pemasaran.

Meski baru berusia tiga tahun, namun Tiktok menjadi sasaran empuk para pelaku bisnis yang berambisi mengembangkan usahanya melalui media sosial. Dengan jumlah unduhan yang mencapai 2 miliar pengguna, berikut yang perlu diketahui oleh pebisnis dan marketers tentang Tiktok.

Baca Juga  Ciri-ciri Digital Agency Profesional yang Dapat Membantu Anda Mencapai KPI

Tersedia Lebih dari 150 Negara di Dunia

Tiktok mengalami ledakan popularitas di Amerika, Eropa, hingga negara-negara Asia lainnya pada rentang tahun 2018-2019, setelah sebelumnya sukses di China. Platform ini mendukung 75 bahasa dan telah berekspansi hingga ke 150 lebih negara di seluruh dunia.

Artificial Intelligence (AI) 

Tiktok menggunakan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) untuk membantu pengguna memaksimalkan engagement konten yang telah diunggah. Selain itu, dengan friendly user interface akan memudahkan pengguna untuk memahami musik, dances, dan topik-topik yang sedang populer. Dengan demikian, marketers atau pebisnis yang belum familier di platform ini dapat dengan mudah membuat konten.

Para pengguna cukup bermodalkan ponsel untuk membuat video di Tiktok, tidak perlu peralatan yang ribet. Selain itu, pengguna juga bisa mengkreasikan sendiri kontennya dengan fitur lengkap dari Tiktok, tanpa aplikasi edit video tambahan.

Rata-rata Penggunaan Mencapai 50 Menit per Hari

Sebuah penelitian menyebutkan rata-rata pengguna menghabiskan waktunya bermain Tiktok selama kurang lebih 50 menit per hari, atau membuka aplikasi Tiktok sebanyak delapan kali dalam sehari. Jika mempertimbangkan durasi konten atau video Tiktok yang berkisar antara 1 sampai 5 menit, penelitian tersebut cukup masuk akal.

60% Pengguna TikTok Merupakan Generasi Z

Catatan Forbes, 60% pengguna aktif Tiktok berasal dari kalangan generasi Z. Meski demikian, platform ini bisa digunakan oleh semua orang tanpa mengenal usia.

Kelebihannya yang mendukung kreativitas dan menjadi wadah untuk mengekspresikan diri, membuat Tiktok menjadi aplikasi menarik bagi anak muda saat ini.

IDEOWORKS hadir sebagai partner integrated marketing agency dan digital agency untuk Anda. Anda dapat berkonsultasi dengan kami sebagai integrated marketing agency yang dapat membantu menentukan langkah-langkah dan strategi tepat untuk diaplikasikan di bisnis Anda. IDEOWORKS sebagai sebuah  integrated marketing agency memiliki tenaga ahli dan profesional yang dapat mengakomodasi kebutuhan Anda dalam menjalani integrated marketing communication untuk bisnis Anda.

More Info

CONTACT US

Address

Pejaten Barat 46, Pasar Minggu

Jakarta Selatan 12510 INDONESIA

Email marketing@ideoworks.co.id

Phone/WA +62 812 9000 66150

Back to top