Bagi Anda yang memiliki sebuah bisnis tentunya mengenal istilah influencer marketing. Ini adalah salah satu strategi marketing yang dapat meningkatkan penjualan bisnis Anda. Banyak perusahaan yang menggunakan digital agency dan advertising agency untuk sebagian besar kegiatan marketing yang mereka lakukan, jadi menggunakan jasa influencer digital agency adalah sesuatu yang alami bagi mereka untuk mendelegasikan influencer marketing kepada agency spesialis juga.
[irp]
Apa Itu Influencer Digital Agency?
Seperti namanya, influencer digital agency adalah sebuah organisasi yang bekerja dengan brands dan influencers untuk menjalankan influencer marketing campaign, terutama melalui media sosial. Beberapa agency mengkhususkan diri dalam memproduksi influencer campaign menggunakan hanya satu atau dua social media, sementara yang lain senang bekerja dengan influencer di hampir setiap semua social media yang ada. Full-service influencer digital agency seperti IDEOWORKS.id mengelola campaign dari awal sampai akhir. Kami mengatur semuanya, mulai dari ide, perencanaan, hingga pelaporan pada akhir masa campaign.
Apa yang Dilakukan oleh Sebuah Influencer Digital Agency?
Meskipun ada banyak spesialis influencer marketing agency, beberapa creative agency, social media agency, media buying agency, dan influencer talent agency menawarkan layanan influencer marketing. Namun untuk apa Anda membagi-bagi tugas kepada beberapa pihak agency jika Anda dapat mengontrolnya di satu agency saja? IDEOWORKS.id adalah salah satu influencer digital agency yang menawarkan full-service dalam influencer marketing.
Influencer digital agency bertugas untuk menyusun strategi, menjalankan, dan mengelola influencer marketing campaign untuk klien mereka. Ini dapat berupa berbagai bentuk, termasuk product placement, sponsored content, paid sponsorships, dan opsi-opsi lainnya bagi influencer untuk brand.
Sebagian besar influencer digital agency membangun hubungan dengan influencer top di berbagai niche. Mereka dapat mengunjungi influencer ini kapan pun klien ingin menjalankan campaign yang relevan. Ini memudahkan agency untuk merekomendasikan influencer yang cocok untuk sebuah brand ketika mereka siap untuk melakukan kampanye.
[nextpage title=” “]
Influencer campaign biasanya melibatkan satu atau beberapa jenis aktivitas di bawah ini:
- Product Placement – di mana seorang influencer mengintegrasikan sebuah brand ke dalam konten social media mereka, seperti mereferensikan produk dalam sebuah post, memasukkannya ke dalam foto atau video, atau bahkan dalam sebuah story.
- Building social followers – di sini, fokusnya adalah untuk meningkatkan popularitas dari channel sebuah brand. Terkadang influencer akan melakukan social media take over dan mengoperasikan aku social media dari sebuah brand untuk waktu tertentu. Ini dilakukan dengan harapan bahwa sebagian dari pengunjung akun tersebut akan terus kembali bahkan setelah influencer tersebut selesai melakukan social media take over.
- Contests or giveaways – campaign ini melibatkan influencer digital agency yang mengkoordinasikan beberapa bentuk kompetisi yang dipromosikan oleh social influencer terkenal. Giveaway juga dapat dilakukan dengan mengajak follower melakukan beberapa hal sebagai syarat untuk mereka mengikuti giveaway tersebut, seperti sudah mengikuti akun influencer dan brand tersebut, memberi komentar di kolom komentar sebuah post, dan sebagainya.
- Theme or hashtag campaigns – di bentuk ini, brands bekerja sama dengan seorang influencer atau influencer digital agency untuk membuat dan berbagi konten seputar beberapa tema sentral atau hashtag. Idealnya, influencer akan meminta follower untuk berpartisipasi dan menggunakan hashtag dengan beberapa bentuk user-generated content.
- Creative campaign – ini mendorong social media influencer untuk membuat konten yang mencerminkan pesan atau tema dari brand yang sedang dipromosikan. Seringkali ini juga dilakukan bekerja sama dengan influencer digital agency untuk membuat konten yang nanti akan digunakan oleh influencer tersebut.
[irp]
Mengapa Bekerja Sama dengan Influencer Digital Agency?
Secara tradisional, brands memilih agency untuk menjalankan marketing untuk mereka, sehingga masuk akal untuk menggunakan jasa influencer digital agency untuk membantu mereka. Influencer digital agency adalah spesialis di bidangnya dan biasanya memiliki lebih banyak keahlian daripada yang dimiliki sebagian besar perusahaan internal.
Sebagian besar influencer digital agency seperti IDEOWORKS.id memiliki jaringan influencer yang teruji dan terpercaya. Influencer digital agency dapat mengambil goals dari campaign tersebut dan secara otomatis mengetahui influencer mana yang paling sesuai dengan campaign goals tersebut. IDEOWORKS.id sebagai sebuah influencer digital agency juga bertindak sebagai perantara terpercaya. Kebanyakan influencer adalah orang yang sibuk. Banyak di antaranya menerima ribuan pesan perhari. Seringkali, mereka akan mengabaikan dan meninggalkan apa pun yang belum dibaca yang dianggap tidak akan secara langsung memengaruhi kehidupan mereka. Mereka cenderung kehilangan outreach dari brands. Namun, begitu seorang influencer tergabung dalam influencer digital agency, kemungkinan besar mereka akan membuka email dan pesan lainnya di masa mendatang.
Itu lah cuplikan dari apa yang dilakukan oleh IDEOWORKS.id sebagai sebuah influencer digital agency. Pada dasarnya, kami dapat membantu Anda mencari dan menggunakan jasa influencer yang tepat bagi brand Anda dan juga campaign goals Anda. Kami memiliki jaringan influencer yang teruji dan terpercaya, sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan potensi kesalahan pemilihan influencer. Jadi, tunggu apa lagi? Segera hubungi IDEOWORKS.id dan mari berkolaborasi!