Preloader
Social Media Campaign

4 Tips Membangun Social Media Campaign yang Tepat Sasaran

Sebagai sebuah bisnis yang memiliki akun media sosial, tentunya Anda ingin menggunakan media sosial tersebut secara optimal. Social media campaign dapat membantu Anda mewujudkan hal itu. Social media campaign adalah sebuah marketing effort yang terkoordinasi yang bertujuan untuk memperkuat informasi tentang produk atau jasa yang Anda tawarkan di media sosial.

Social media campaign berbeda dengan social media marketing yang Anda lakukan sehari-hari. Social media campaign membutuhkan fokus penuh, target yang jelas, dan pengukuran yang tepat. Social media campaign telah dilakukan berbagai jenis bisnis, di berbagai industri bisnis,dengan berbagai tujuan dan konsep. Beberapa brand mengangkat isu-isu sosial dalam campaign mereka, atau membahas sesuatu yang sedang viral. Namun, mereka sama-sama memiliki satu tujuan: memasarkan produk mereka. Lalu bagaimana membuat social media campaign yang tepat untuk brand Anda? IDEOWORKS.id akan menjelaskannya di bawah ini.

[irp]

Tips Membuat Social Media Campaign yang Tepat untuk Brand Anda

Banyak orang menganggap bahwa keberhasilan sebuah campaign adalah hasil dari keberuntungan. Padahal, analisis yang mendalam, menyeluruh, dan mengambil langkah-langkah yang terukur menjadi faktor utama dalam keberhasilan sebuah campaign. Berikut ini adalah beberapa tips penting dari IDEOWORKS.id dalam membuat sebuah social media campaign:

  • Tentukan Pasar yang Anda Tuju

Audiens atau target pasar pada dasarnya merupakan hal yang paling mendasar sebelum menjalankan sebuah social media campaign. Sebelum menentukan target pasar, Anda harus terlebih dahulu mengetahui ruang lingkup kebutuhan serta permasalahan yang dihadapi oleh calon pelanggan Anda. Ini disebut dengan istilah buyer persona. Buyer persona singkatnya adalah representasi fiksional dari audiens ideal Anda. Melalui buyer persona ini lah sebuah bisnis dapat menyesuaikan dirinya sesuai kebutuhan konsumen. Oleh karena itu, menentukan buyer persona adalah langkah penting. Namun perlu diingat, sebelum menentukan buyer persona ini, Anda harus menganalisis target pasar yang sesuai dengan produk yang Anda tawarkan.

[nextpage title=” “]

  • Analisa Kompetitor Anda

Menganalisa kompetitor Anda sebelum memulai social media campaign dapat memberikan wawasan terhadap jenis campaign apa yang tepat untuk audiens Anda. Anda dapat belajar dari kompetitor dengan cara melihat campaign seperti apa yang memiliki potensi untuk viral di media sosial. Ini juga dapat memberi insight tentang konten apa yang memiliki kualitas yang baik dan mendapat feedback positif dari audiens tujuan Anda.

  • Perhatikan Pesan Marketing yang Akan Disampaikan

Social media campaign memiliki komponen penting, yaitu konten. Konten adalah nyawa dari sebuah social media campaign, karena itu Anda harus pastikan bahwa konten yang Anda keluarkan memiliki kualitas yang baik. Di dalam dunia marketing, setiap konten yang dibuat haruslah mengandung 3C: 

  1. Communicative, yaitu informasi yang disampaikan dalam campaign jelas dan tidak membingungkan bagi audiens,
  2. Compelling, yaitu informasi yang disampaikan menarik dan memiliki ciri khas baik dari visual dan gaya bahasa,
  3. Consistent, dalam arti informasi yang disampaikan harus konsisten.

[irp]

  • Pantau Kinerja Campaign

Memantau kinerja social media campaign Anda adalah langkah terakhir yang harus diambil. Ini dilakukan untuk menentukan apakah social media campaign yang Anda lakukan berhasil atau tidak. Di sini lah Key Performance Indicator (KPI) berperan. KPI ini dapat membantu Anda menentukan apakah campaign yang Anda lakukan berhasil atau tidak sesuai dengan indikator-indikator yang sudah Anda tentukan sebelumnya.

Social media campaign membutuhkan lebih banyak sumber daya untuk membuatnya tepat sasaran dan sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda, dan juga sesuai dengan audiens media sosial. Karena itu, Anda dapat menghubungi IDEOWORKS.id untuk memastikan bahwa social media campaign Anda berjalan dengan mulus. Sebagai sebuah social media marketing agency, IDEOWORKS.id memiliki tim yang ahli dalam merencanakan dan menjalankan social media campaign yang pastinya sesuai dengan jenis bisnis Anda. Tak perlu ragu lagi, segera hubungi IDEOWORKS.id dan mari berkolaborasi!

Let’s talk about your brand