Social media campaign adalah sebuah marketing terkoordinasi yang dirancang untuk memperkuat informasi atau sentiment mengenai sebuah produk, layanan, atau brand secara keseluruhan, melalui setidaknya satu platform media sosial. Social media campaign adalah bahan bakar dari upaya marketing Anda. Social media campaign dapat meledakkan reputasi brand Anda, dan meningkatkan brand awareness dan sales.
Social media campaign juga merupakan serangkaian kegiatan terkoordinasi yang bertujuan untuk mencapai tujuan tertentu selama periode waktu tertentu, dengan hasil yang dapat dilacak dan diukur. Ini dapat terbatas pada satu jaringan, atau terjadi di beberapa social media platform secara bersamaan.
5 Contoh Social Media Campaign
Dibawah ini IDEOWORKS.id sudah mengumpulkan 5 social media campaign ideas untuk memberikan Anda gambaran yang lebih jelas.
-
#ExploreBCLater oleh Hello BC (British Columbia)
Industri pariwisata mengalami tahun yang sulit, dengan perjalanan udara turun hampir 95% dan hampir semua orang membatalkan rencana liburan musim panas mereka. Sulit untuk mengubah kondisi itu menjadi sebuah campaign tujuan berwisata, tetapi otoritas pariwisata provinsi Hello, British Columbia, mencapai sasaran dengan campaign #ExploreBCLater.
Di semua social media platform, Hello BC membagikan pesan tanggung jawab sosial dalam menghadapi virus corona, mendorong semua orang untuk tinggal di rumah dan #ExploreBCLater. Campaign ini merupakan perubahan pada tagar bermerek mereka, #ExploreBC, yang dibangun berdasarkan pengenalan dan penggunaan merek yang ada.
[nextpage title=” “]
-
#WhatsYourName oleh Starbucks
Pada bulan Februari, Starbucks UK bermitra dengan Mermaids, sebuah organisasi untuk mendukung kaum muda transgender dan beragam gender dalam social media campaign bertajuk #WhatsYourName. Menggabungkan iklan TV dan keterlibatan media sosial, value-driven campaign ini berfokus pada keinginan Starbucks untuk inklusif terhadap orang-orang dari semua jenis kelamin, dengan menghormati nama pilihan mereka.
Social media campaign ini dibangun di atas aspek terkenal dari pengalaman Starbucks, yaitu dengan menuliskan nama Anda di sisi cup minuman Anda, dan dengan berkomitmen untuk menghormati nama panggilan yang diinginkan pelanggan.
[nextpage title=” “]
-
#DistanceDance oleh Procter & Gamble (P&G)
Procter & Gamble (P&G) adalah sebuah perusahaan consumer goods yang memproduksi kertas toilet dan pasta gigi. Mereka berkolaborasi bersama selebriti TikTok, Charli D’Amelio untuk mengimbau masyarakat untuk tetap di rumah dan mencegah penyebaran virus corona pada Maret 2020.
Dengan bantuan dari ad agency Grey, mereka meluncurkan campaign #DistanceDance di profil miliki Charli D’Amelio. Social media campaign itu menjadi sukses besar, dengan #DistanceDance mengumpulkan 8 milyar views dan 1,7 juta iterations, dan berbagai selebriti, tim olahraga, dan nama-nama besar lainnya ikut berpartisipasi hanya dalam minggu pertama saja.
[nextpage title=” “]
-
#2019Wrapped oleh Spotify
Platform online music streaming Spotify melakukan social media campaign di beberapa platform, yaitu Instagram, Facebook, dan Twitter. Sejak 2017, Spotify telah membagikan data akhir tahun bagi penggunanya, seperti lagu-lagu, album, dan artis yang paling sering didengarkan dalam ringkasan “Spotify Wrapped” yang dipersonalisasi.
Pada 2019, mereka melakukan hal yang lebih besar dengan menawarkan ringkasan selama satu dekade ke belakang, mulai dari 2009-2019, dan menunjukkan bagaimana kebiasaan dan preferensi mendengarkan user telah berevolusi. Cuplikan ringkasan ini disediakan dalam format gambar yang dapat dibagikan di Twitter, Facebook, dan Instagram.
[nextpage title=” “]
-
#BigGameColorCommentary oleh Pantone
Perusahaan Pantone menggunakan platform Twitter untuk menjalankan sebuah campaign berdurasi satu hari yang bertepatan dengan Super Bowl 2020, sebuah momen besar olahraga football di Amerika Serikat.
Campaign ini terinspirasi oleh kebetulan yang berwarna: untuk pertama kalinya dalam sejarah Super Bowl, kedua tim yang akan bermain di final memiliki warna seragam utama yang sama. Kansas City Chiefs dan San Francisco 49ers hanya berjarak satu poin dalam indeks warna Pantone. Kansas City Chiefs memiliki kode Pantone 186C, dan San Francisco 49ers memiliki kode Pantone 187C.
Social media campaign ini berhasil karena idenya yang orisinil, kreatif, dan seru dengan menggunakan brand identity Pantone sebagai pakar warna. Ini menciptakan jembatan antara penggemar olahraga dan penggemar desain, dengan post yang dapat diakses dan dapat dinikmati semua orang.
Contoh-contoh di atas menunjukkan bahwa social media campaign ideas bisa datang dari mana saja, asalkan semua terfokus kepada user experience. Terkadang sebuah ide butuh pelaksanaan yang besar, namun kadang eksekusi kecil dapat menjadi titik balik seluruh campaign tersebut. Ide-ide social media campaign tidak harus selalu baru, cukup dengan mendaur ulang campaign yang sudah ada dan memberikan sedikit hal baru, Anda dapat menggunakan campaign itu kembali.