Preloader
Pantone

Content Production vs Content Marketing, Apa Bedanya?

Di era sekarang, konten menjadi sebuah komoditas yang paling digandrungi. Munculnya platform-platform yang mendukung content production seperti Youtube, Twitter, Instagram, Tik-Tok, dan sebagainya, menjadikan content production menjadi suatu hal yang memiliki potensi besar untuk marketing. Content marketing dan content production itu sendiri berjalan beriringan. Anda tidak dapat memiliki satu tanpa yang lainnya, namun sebenarnya kedua hal ini adalah hal yang sangat berbeda. Anda tidak dapat melakukan content marketing tanpa terlebih dahulu melakukan content production. Anda juga tidak dapat mendistribusikan konten yang sudah dibuat tersebut dan menyebutnya content marketing. Content production agency dan content production manager hadir sebagai alternatif jika Anda merasa kewalahan dengan content production. Namun, sebelum Anda memutuskan untuk berkolaborasi bersama content production agency atau content production manager, ketahui dulu apa perbedaan dari keduanya.

Apa itu Content Marketing?

Content marketing adalah sebuah strategi marketing yang berfokus pada pembuatan dan penyebaran konten yang valuable, relevan, dan konsisten dengan tujuan untuk menarik perhatian dan dan mempertahankan audiens yang jelas, dan pada akhirnya untuk mendorong tindakan pelanggan yang menguntungkan. Content marketing pada dasarnya menerapkan keterampilan dan teknik marketing ke dalam konten seperti konten tertulis, video, audio, atau konten sosial untuk memberikan jangkauan, umur konten yang panjang, dan efektivitas konten tersebut sebaik mungkin.

Apa Itu Content Production?

Content production adalah pembuatan konten langsung dari tidak ada menjadi sesuatu yang ada. Content production dapat membuat konten dalam berbagai macam bentuk, seperti grafis, foto, video, audio, teks, dan media sosial. Konten yang dibuat tidak harus berupa konten asli dan dapat terdiri dari pembuatan versi baru dari konten yang sudah ada. Content production, baik itu tertulis, video, dan audio dapat dilakukan dengan berbagai cara. Beberapa perusahaan besar mungkin dapat memproduksi konten mereka sendiri, sementara perusahaan atau organisasi yang lebih kecil dapat menggunakan jasa content production agency atau content production manager

Content production setara dengan Anda menulis artikel yang diteliti dengan baik, sementara content production adalah mencetak produk artikel tersebut di berbagai media. Langkah lebih jauh lagi, content marketing adalah Anda meneliti media mana saja yang menurut Anda paling sesuai dan mendistribusikan artikel Anda di media-media tersebut untuk menempatkan artikel Anda di banyak tempat dan dapat mengumpulkan feedback paling banyak.

Hal pertama yang harus Anda lakukan saat melakukan content production adalah mengidentifikasi tujuannya. Konten dapat memiliki beberapa kegunaan, seperti menghibur, informatif, atau mendidik. Konten Anda harus mudah dicerna oleh audiens Anda dan harus dalam format yang tepat sesuai dengan channel yang digunakan. Selain itu, Anda juga harus memahami jenis konten yang akan mendorong bisnis terbaik untuk perusahaan Anda. Ini semua memerlukan pendekatan yang berbeda saat content production.

Selain poin di atas, Anda juga perlu mengetahui siapa target audiens Anda sebelum memulai content production. Inti di balik content marketing adalah untuk menciptakan hubungan yang berkelanjutan dengan pelanggan dan calon pelanggan atau prospek, yang berarti Anda perlu menyesuaikan konten Anda sesuai dengan audiens Anda, dan bukan sebaliknya. Anda dapat mempertmbangakn faktor-faktor penting saat memilih content marketing yang tepat untuk audiens Anda:

  1. Bagaimana mereka mengkonsumsi konten? Apakah mereka lebih memilih bentuk video, teks, atau audio?
  2. Di mana mereka mengonsumsi konten? Komputer atau laptop, handphone, saat berkendara, saat berolahraga, atau saat melakukan pekerjaan rumah?
  3. Topik apa yang paling sesuai dengan mereka, meskipun itu bukan referensi langsung ke produk atau jasa yang Anda tawarkan?

Dengan setiap konten yang Anda hasilkan dan pasarkan, Anda harus mempertimbangkan “apa keuntungannya bagi saya?” dari sudut pandang konsumen. Ketika mereka melihat atau mengonsumsi konten Anda, mereka menyisihkan waktu dan perhatiannya untuk apa yang Anda tawarkan, karena ini lah Anda harus membuatnya dengan baik.

Anda dapat memanfaatkan jasa content production agency atau content production manager dalam sebuah digital agency. IDEOWORKS.id hadir sebagai salah satu content production agency dan content production manager untuk bisnis Anda. Kami memiliki tim yang ahli dalam membuat konten yang sesuai dengan value dan jenis bisnis Anda, sehingga kami dapat menjadi content production manager dan content production agency terbaik untuk Anda.

Let’s talk about your brand