9 Benefit Social Listening Methodology untuk Kesuksesan Bisnis 2023

9 Benefit Social Listening Methodology untuk Kesuksesan Bisnis 2023

Tak kenal, maka tak sayang.

Ungkapan di atas tak hanya berlaku untuk interaksi antar-individu, tapi juga antara brand dengan target konsumennya. Dengan mengenal target konsumen lebih dekat, suatu brand dapat menciptakan produk yang mampu memberikan solusi atas pain points konsumennya. Nah, social listening methodology adalah salah satu cara ampuh untuk mewujudkan hal tersebut, terlebih pada 2023 ketika kompetisi bisnis akan semakin sengit.

Strategi social listening methodology adalah aktivitas “mendengarkan” atau memperhatikan segala hal yang orang lain katakan tentang brand Anda di ranah digital. Bahkan, Anda juga bisa memantau kompetitor. Lalu, adakah benefit lain yang bisa Anda dapatkan dari penerapan social marketing listening methodology?

Mari intip daftar berikut untuk mengetahui berbagai benefit dari metode social listening terhadap kesuksesan bisnis Anda!

1. Memantau dengan lebih mudah

Kunci dari efektivitas penerapan social listening adalah penggunaan tool yang tepat. Umumnya, social listening tools memungkinkan Anda untuk melakukan integrasi dengan seluruh akun media sosial bisnis. Jadi, Anda dapat memantau seluruh akun tersebut dalam satu platform supaya lebih praktis.

2. Lebih mudah berkomunikasi dengan konsumen

Yes, social listening methodology memang merupakan aktivitas “mendengarkan”. Namun, Anda juga bisa menjadi listener yang aktif dengan menjalin interaksi bersama konsumen. Misalnya, jika menemukan review positif tentang produk Anda, tidak ada salahnya merespons review tersebut dengan mengucapkan terima kasih. 

Meski terkesan sederhana, nyatanya lebih dari 83% konsumen menyukai brand yang memberikan respons baik kepada mereka. Bahkan, 48% konsumen akan memilih untuk membeli produk dari brand yang responsif, khususnya di media sosial.

3. Memahami target market secara lebih baik

Masih berhubungan dengan poin pertama, idealnya social listening tool juga dilengkapi fitur media monitoring report. Melalui fitur ini, Anda dapat mengakses data analitik berdasarkan social listening digital marketing methodology yang telah dilakukan. Berdasarkan data tersebut, buatlah strategi marketing yang relevan dengan target konsumen.

4. Penanganan krisis yang lebih cepat

Saat melakukan social marketing listening methodology, kemungkinan Anda juga akan menemukan keluhan terkait brand. Saat membaca tanggapan tersebut, hindari bersikap defensif. Anda dan tim justru bisa segera melakukan analisis, kenapa konsumen menyatakan keluhan tersebut.

Selain itu, cari tahu pula, apakah komentar negatif ini mempengaruhi tingkat penjualan, jumlah followers, maupun metrik penting lain. Jadi, Anda dapat mengetahui, apakah perlu diambil tindakan serius untuk menangani masalah tersebut.

5. Menjadi contoh dan menghadirkan solusi terbaik

Sebetulnya, informasi seperti apa yang bisa Anda dapatkan melalui social listening methodology? Secara umum, metode ini memungkinkan Anda untuk menemukan orang-orang yang secara spesifik tertarik dengan produk Anda; yang mencari rekomendasi produk serupa dengan buatan brand Anda; serta konsumen yang merasa tidak puas setelah menggunakan produk kompetitor.

Sebagai contoh, katakanlah bisnis Anda menjual sepatu olahraga. Saat melakukan social listening, Anda bisa memasukkan keyword seperti “sepatu lari terbaik” atau “sepatu basket murah” untuk menemukan target konsumen potensial. Setelah itu, coba tawarkan solusi kepada mereka dengan produk Anda.

Baca Juga  Buat Video Company Profile Menarik Lewat Creative Digital Agency

6. Mempermudah bisnis Anda untuk menemukan BA

Selama melakukan strategi social listening methodology, Anda mungkin menyadari ada beberapa orang yang lebih aktif beropini daripada yang lain. Bisa jadi mereka memang merupakan influencer populer, tapi bisa juga mereka adalah pengguna biasa yang berpeluang menjadi brand ambassador (BA) potensial.

Nah, beberapa social listening tools biasanya punya fitur yang memungkinkan Anda untuk mengurutkan profil pengguna berdasarkan jumlah mention, reach, likes, dan sebagainya. Dengan begitu, Anda pun bisa menganalisis, apakah pengguna tertentu memang berpotensi untuk menjadi influencer atau BA baru Anda.

7. Meningkatkan fungsi customer support Anda

Sudah menjadi rahasia umum bahwa active listening, atau kemampuan untuk mendengarkan dengan baik, termasuk salah satu faktor kesuksesan customer support. Itulah kenapa social listening methodology dapat mendukung customer support bisnis Anda. Saat menemukan keluhan terkait brand, Anda dan tim bisa langsung meresponsnya dengan memberikan solusi yang tepat.

8. Memberikan ide content marketing yang sesuai

Data yang Anda dapatkan dari social marketing listening methodology juga bisa dikembangkan untuk membuat content marketing. Karena ide kontennya berasal dari konsumen atau target market potensial, maka konten marketing yang Anda buat pun nantinya bisa benar-benar relevan dan tepat sasaran, sehingga meningkatkan peluang untuk menarik lebih banyak pelanggan.

9. Mengetahui sepak terjang kompetitor

Tidak hanya memantau percakapan target konsumen, social listening methodology juga bisa Anda pakai untuk keep up dengan kompetitor. Anda bisa tahu konten marketing seperti apa yang mereka buat, cara komunikasi mereka dengan pelanggan, hingga bagaimana opini target konsumen Anda terhadap mereka. Kemudian, Anda dan tim dapat menganalisis kelebihan dan kekurangan kompetitor, lalu menggunakan data tersebut untuk menyusun strategi yang lebih baik.

Sembilan poin di atas membuktikan bahwa social listening methodology memang bermanfaat bagi bisnis. Jika selama ini Anda belum menerapkan social listening digital marketing methodology, tahun 2023 adalah saat yang tepat untuk memulainya. Namun, bagi first-timer, wajar jika Anda mungkin akan merasa bingung saat menjalankannya.

Demi meminimalkan kesalahan, serahkan kebutuhan satu ini kepada tim ahli yang sudah berpengalaman dalam riset pemasaran seperti IDEOWORKS. Sejak 2013, tim IDEOWORKS telah menangani kebutuhan marketing untuk lebih dari 3.000 perusahaan, termasuk dalam hal social listening methodology.

Jadi, tak perlu tunggu lama lagi, segera hubungi IDEOWORKS untuk menyusun strategi social listening dan rasakan sendiri sembilan benefits di atas! Anda juga bisa klik di sini untuk berkonsultasi dengan tim IDEOWORKS!



Let’s talk about your brand

    Add comment: