Preloader
Tiru 12 Ide Konten Marketing Ala Creative Digital Marketing

Tiru 12 Ide Konten Marketing Ala Creative Digital Marketing

Kunci sukses dalam creative digital marketing adalah muatan konten yang Anda tawarkan. Jika ingin traffic Anda tinggi, maka Anda harus bisa membuat konten yang menarik, unik, dan kreatif. Namun, sering kali tugas tim digital kreatif ini mengalami stuck akibat kehabisan ide untuk konten berikutnya.

Berikut ini adalah 12 ide konten creative digital marketing yang bisa Anda tiru. Siapkan catatan Anda, ya!

1. Foto dan video dengan konsep estetik 

Ide konten pertama yang bisa Anda terapkan adalah foto dan video estetik. Media sosial seperti Instagram punya karakteristik estetika yang lebih tinggi daripada media sosial lainnya. Maka dari itu, jika Anda membagikan konten-konten berkonsep estetik dikolaborasikan dengan produk yang Anda tawarkan, maka itu bisa menjadi daya tarik yang besar untuk audiens agar membeli produk Anda.

2. Konten informatif tentang industri bisnis Anda 

Ide konten selanjutnya adalah konten informatif tentang bisnis Anda. Konten informatif ini bisa berupa tips-tips sederhana dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, jika Anda menjual deterjen, Anda bisa membuat tips mencuci baju putih agar tidak berubah kekuningan. Kemudian, Anda bisa selipkan manfaat produk deterjen Anda untuk menghilangkan noda pada baju putih sekalipun.

3. Tutorial

Ide konten tutorial juga punya impresi yang bagus bagi audiens. Konten tutorial sebetulnya termasuk dalam konten informatif, tapi biasanya disajikan dalam bentuk reels, sedangkan konten informatif dalam bentuk carousel. 

Carilah permasalahan di sekitar Anda yang bisa digunakan untuk menyelipkan manfaat produk yang Anda jual. Misalnya, jika Anda menjual produk kosmetik, Anda bisa membuat konten tutorial membuat ombre lips tanpa membuat bibir kering, tutorial urutan skincare pagi dan malam, atau tutorial lainnya. Bisa juga berupa resep-resep masakan jika Anda menjual produk seperti tepung terigu atau minyak goreng.

4. User-generated content

Singkatnya, user-generated content adalah konten dari pengguna produk Anda. Biasanya, konten ini berupa video review yang menunjukkan pengguna sedang menggunakan produk tersebut. Video ini mirip seperti saat Anda me-repost video endorsement dari para influencer atau KOL.

5. Berita tentang brand Anda 

Berita tentang brand bisa berupa berita saat Anda akan launch produk baru. Agar lebih menarik, Anda bisa sisipkan kuis kecil-kecilan seperti tebak produk. Followers yang beruntung akan mendapatkan hadiah menarik. Lalu, jika brand Anda berhasil meraih prestasi atau penghargaan, bisa juga untuk diberitakan.

6. Behind the scene

Konten di balik layar atau behind the scene adalah ide konten menarik yang bisa menghasilkan engagement tinggi. Anda dapat menyorot kegiatan-kegiatan di balik layar seperti proses produksi, packing, atau kegiatan sehari-hari Anda dan karyawan. Konten seperti ini dinilai menarik, lucu, dan memperlihatkan POV yang belum pernah dilihat oleh banyak orang.

7. Polling dan Q&A

Cara lain untuk menaikkan engagement adalah membuat konten polling dan Q&A. Konten interaktif seperti ini bisa menjadi ajang komunikasi intens antara Anda dan konsumen. Tugas tim digital kreatif Anda adalah memberikan respons dua arah agar intimacy bisnis Anda dengan konsumen pun terbangun.

8. Giveaway

Siapa yang tidak suka giveaway? Sesekali, adakanlah giveaway barang menarik untuk para followers Anda. Konten giveaway juga bisa menjadi kesempatan Anda untuk menaikkan followers, jumlah like, komentar, share, dan sebagainya.

9. Konten trending atau viral

Menganalisis tren memang menjadi tugas tim kreatif agency. Dengan memanfaatkan tren yang ada, Anda bisa membentuk image bahwa brand Anda up-to-date. Selain itu, konten trending atau viral juga menjadi keuntungan bagi Anda karena tren cepat sekali berubah-ubah.

10. Share konten blog

Apabila punya blog sendiri, Anda bisa sesekali share beberapa kontennya ke media sosial Anda. Hal ini sekaligus juga dapat meningkatkan jumlah klik atau views di blog tersebut. Selain itu, brand yang punya blog sendiri pun terkesan lebih profesional daripada yang tidak punya.

11. Konten challenge

Selain polling dan Q&A, Anda juga bisa membangun kedekatan dengan konsumen lewat konten challenge. Misalnya, 30 days challenge makan buah, 30 days challenge memasak, dan sebagainya. Konten seperti ini bertujuan untuk membangun interaksi dalam jangka waktu yang panjang. Selipkan penggunaan produk Anda juga di sini.

12. Sesekali promo secara live

Saat ini, live video bisa menghasilkan engagement yang tinggi karena banyak disukai konsumen. Selain karena bisa melihat produknya secara langsung, konsumen juga bisa mendapatkan promo menarik yang terkadang membuat harga produk jadi lebih murah daripada saat check out biasa. Anda bisa melakukan tugas tim kreatif agency ini seorang diri atau bersama karyawan Anda.

Bagaimana? Ada banyak sekali ide konten creative digital marketing yang bisa Anda gunakan, bukan? Tenang saja, Anda tak perlu pusing menyusun semua ide konten itu seorang diri. Tim creative digital marketing dari IDEOWORKS siap membantu, merencanakan, dan mengeksekusi konten-konten kreatif yang Anda butuhkan untuk digital marketing, terutama untuk media sosial bisnis Anda. Pekerjaan jadi jauh lebih mudah!

 

Baca Juga:

Ide Konten TikTok yang Menarik untuk Bisnis

 

Let’s talk about your brand