Preloader
Keuntungan Menggunakan Social Media Analytics yang Harus Kamu Tahu

Keuntungan Menggunakan Social Media Analytics yang Harus Kamu Tahu

Bicara social media tentu secara otomatis mengikuti perkembangan teknologi internet, data analitik ke beberapa sektor, salah satunya social media. Di abad 20, pertumbuhan bisnis telah dipengaruhi oleh faktor situasi lapangan dalam menjalankan strategi digital marketing. Kegiatan yang dilakukan secara masif tersebut bisa dengan memanfaatkan social media agency atau layanan social media analytics, sehingga hasil komunikasi pemasaran brand yang dijalankan melalui social media tepat sasaran.

Sebagai bagian dari social analytics, social media analytics sejatinya membuat proses pengumpulan data bisnis dari percakapan di media digital. Nantinya data dapat diproses menjadi wawasan yang terstruktur, mengarah ke keputusan bisnis berbasis kepada informasi dan meningkatkan sentralitas customer untuk brand.

Menurut Khan G.F (2020), social media analytics menjadi bagian yang tergabung dari seni dan sains. Ilmu sains yang digunakan dalam layanan social media analytics membuat proses pengidentifikasian, análisis social sistematis, dan penggalian menggunakan data dari media digital seperti tweet, like, comment, share, dan hyperlink dengan tools dan teknik yang canggih. 

Pada saat yang bersamaan, seni yang digunakan dalam fungsi social media analytics dapat menjelaskan dan menyesuaikan konsistensi wawasan yang diperoleh dengan tujuan bisnis. Oleh karena itu, untuk dapat menghasilkan analisis yang baik, bisnis perlu menggunakan marketer atau social media analytics specialist.

Apa itu Fungsi Social Media Analytics?

Fungsi social media analytics sangat beragam, dengan dua fungsi utama, yaitu fungsi internal dan eksternal. Fungsi internal biasanya digunakan beberapa tools untuk mengetahui berbagai insight dari aset social media platform yang dimiliki brand bisnis. Berbagai performa dari peningkatan followers, interaksi, serta konten engagement yang disukai oleh target audiens melalui berbagai perangkat social media analytics internal seperti Facebook, YouTube, Twitter, dan Instagram.

Sementara fungsi social media analytics eksternal digunakan untuk mengetahui berbagai komunikasi terhadap brand bisnis, kompetitor, serta keywords yang paling dicari oleh target audiens. Dalam hal ini brand bisnis dapat menggunakan tools yang memetakan sentimen negatif dan positif, sehingga brand dapat menganalisa lebih dalam keinginan audiens terkait aset social media bisnis.

Berikut beberapa hal yang dapat dilakukan oleh social media analytics specialist;

Ketika brand bisnis membutuhkan skenario keberhasilan dalam informasi dan laporan digital marketing menggunakan analisis, tentu cara yang tepat adalah menggunakan social media analytics specialist. Siapa, sih, social media analytics specialist? Yaitu marketer yang dapat menciptakan atau melakukan dan memahami tools efektif yang tersedia di seluruh aset social media platform. Social media analytics specialist biasa mengukur pengaruh penggunaan social media untuk brand bisnis. Melalui tools analytics, mereka dapat menyesuaikan beberapa hal dari social media analytics, seperti:

  • Engagement Rate – Proporsi like, comment, share
  • Followers Growth – Perkembangan followers dari waktu ke waktu
  • Best Post & Worst Post – Intensitas konten yang mendapatkan interaksi
  • Reach & Impression – Jangkauan konten yang digunakan
  • Sentiment – Proporsi sentimen dari interaksi audiens terhadap brand
  • Top Issues – Topik yang paling sering dibahas oleh audiens

Bagaimana kinerja social media tools?

Selain menganalisa, seorang social media analytics specialist menggunakan analytics tools agar data tersebut valid. Kinerja social media analytics tools mengambil data tersebut dari percakapan yang terjadi di social media platform. Dengan algoritma yang kuat, social media analytics tools tak hanya melaporkan keyword dan audiens melalui percakapan. Tetapi mampu menentukan apakah sentimen positif atau negatif audiens terhadap brand tersebut dapat diukur secara konsisten.

Bukan hanya itu saja, fitur dari analytics tools yang digunakan social media analytics specialist dapat memonitori efektivitas marketing kompetitor bisnis, lho. Luas biasa, kan? Exactly. Dengan fitur tersebut, bisnis akan lebih mudah membangun campaign marketing dengan cara yang lebih efektif. Sehingga, audiens dapat tertarik untuk melakukan interaksi terhadap produk yang bisnis tawarkan, dan melakukan konversi.

Keuntungan Menggunakan Layanan Social Media Analytics

Setelah mengetahui cara menggunakan social media analytics tools di atas, tentu akan menghasilkan keuntungan dalam penerapannya. Dengan strategi yang tepat untuk mengidentifikasi followers atau audiens, peluang kesuksesan semakin besar dengan social media analytics specialist.

Berikut lima keuntungan menggunakan social media analytics untuk bisnis kamu

Mampu Meningkatkan Brand Identity

Keuntungan pertama yang dapat kamu rasakan sebagai pebisnis adalah menciptakan jati diri atau brand identity ketika tepat menggunakan social media analytics. Kenapa? Karena analytics tools yang digunakan menunjukkan bahwa pengguna yang sering berinteraksi dengan brand. Analisis tersebut akan menunjukkan berapa banyak pengguna yang melakukan kegiatan di social media bisnis seperti like, comment, share, retweet, hingga subscriber. Dari menjaring kegiatan audiens itulah, digunakan social media analytics untuk meningkatkan brand.

Mudah Menganalisa Followers

Cara untuk memahami kebutuhan mereka adalah dengan analytics tools. Dimana bisnis dengan mudah menganalisa dalam banyak hal, terutama daftar pengikut potensial, mengetahui waktu yang tepat membuat postingan produk, dan menjadikan akun social media yang user friendly. Setelah memanfaatkan peluang tersebut, brand bisnis akan lebih mudah menentukan target market secara konsisten.

Menciptakan Konten yang Lebih Tepat Sasaran

Selanjutnya adalah konten yang tepat sasaran dapat kamu buktikan setelah mendapatkan analisa followers dari fungsi social media analytics. Hal ini dikarenakan, social media analytics specialist dapat memberikan informasi valid dan menarik terkait konten yang sedang tren dan digemari oleh followers. Tentu upaya tersebut dapat dijadikan sebagai insight positif dalam menciptakan konten yang tepat sasaran dari waktu ke waktu.

Mampu Menganalisis Bisnis Kompetitor

Lebih hebatnya lagi, layanan social media analytics dapat membaca informasi terhadap kompetitor bisnis, sehingga kamu dengan mudah membuat keputusan. Terlebih, bisa analisa kompetitor mengalami kesalahan, analytics tools tersebut dapat membantu kamu dengan memberikan penyebabnya. Selanjutnya, kamu dapat beradaptasi dengan kesalahan dengan menciptakan strategi baru yang lebih baik lagi.

Mudah Memonitoring Campaign Marketing Social Media

Ketika brand bisnis sedang melakukan campaign marketing, tentu hal kamu tunggu adalah report atau hasil yang dicapai. Tentu dengan social media analytics, kamu semakin mudah memonitoring campaign marketing. Apakah itu sesuai Key Performance Indicator (KPI) atau belum? Bila belum, kamu dapat melakukan perbaikan dengan mencari kesalahan sebelumnya terletak dimana.

Atau bila kamu masih tetap kesulitan menerapkan layanan social media analytics, kamu dapat menghubungi social media agency IDEOWORKS.ID!

IDEWORKS.ID merupakan jasa social media agency yang expert dan mampu memaksimalkan fungsi social media analytics brand bisnis. IDEOWORKS.ID memiliki tim ahli dan profesional seperti social media specialist untuk memberikan keuntungan analisis bisnis kamu mencapai target market secara konsisten. Butuh penanganan digital marketing sukses mencapai 100%? IDEOWORKS.ID solusinya!

Baca Juga:

Yuk, Kenali 4 Kelebihan Social Media Analytics dari Digital Marketer Agency!

Let’s talk about your brand