Tahun 2021 sebentar lagi berakhir. Saatnya untuk mengevaluasi dan mempersiapkan strategi marketing di tahun depan.
Mengetahui tren digital marketing 2021 yang kemungkinan banyak digunakan di tahun depan, akan membantu persiapan pemasaran dan meningkatkan nilai konversi. Karena umumnya, digital marketing memiliki tren sendiri setiap tahunnya seiring dengan perkembangan zaman.
Strategi digital marketing yang tepat akan menciptakan brand yang memiliki pelanggan loyal. Untuk mengeksekusi digital marketing, banyak pebisnis yang menyewa jasa agency, baik itu digital marketing agency maupun creative digital agency.
Digital marketing agency adalah perusahaan jasa yang berfokus pada strategi pemasaran digital, terutama penerapan teknik search engine optimization (SEO) dan perolehan prospek.
Lalu, apa itu creative agency?
Pengertian creative agency adalah perusahaan yang memberikan layanan untuk membuat sebuah iklan. Jasa yang diberikan oleh creative agency Indonesia pasti memiliki tujuan agar produk atau jasa yang dihasilkan atau diberikan oleh klien dapat mengalami peningkatan permintaan sehingga mendorong pertumbuhan omzet sesuai dengan harapan klien.
Agar strategi marketing terus dapat relevan setiap tahunnya, berikut adalah tren digital marketing 2021.
Social Network
Menurut Smart Insights, penggunaan jaringan sosial atau social network sebagai sarana pemasaran telah meningkat secara drastis. Fakta tersebut menunjukkan perlunya mengubah kepentingan relatif dari social network sebagai metode untuk menghasilkan awareness.
Misalnya saja, TikTok terkenal sebagai platform media sosial yang terus berkembang popularitasnya secara global. Tak mau kalah, Facebook juga merilis Instagram Reels. Oleh karena itu, brand dapat menggunakan platform video pendek ini untuk keperluan marketing.
Featured Snippet
Featured snippet adalah kolom cuplikan pada bagian atas halaman hasil penelusuran di mesin pencari yang menampilkan ringkasan jawaban dari pertanyaan pengguna.
Diperkirakan featured snippet akan terus dikembangkan oleh mesin pencari, karena dinilai mampu memberikan jawaban terbaik bagi pengguna. Umumnya konten yang masuk ke dalam fitur ini akan menerima klik yang lebih banyak karena direkomendasikan oleh mesin pencari.
Jika ingin menargetkan konten yang muncul di cuplikan unggulan, maka pastikan konten atau artikel yang akan di-publish memberikan informasi lengkap serta menyertakan long tail keyword. Hal tersebut berfungsi agar pengguna yang mencari informasi dengan keyword spesifik dapat masuk ke website Anda.
Pemblokiran Iklan/Adblock
Adblock diperkirakan masih akan melanjutkan popularitasnya di tahun depan, yang mana sekitar 27% user diprediksi akan lebih sering menggunakan adblock. Bila ini dilakukan, maka akan merugikan brand yang telah memasang iklan pay per click (PPC).
Jika Anda menjadi salah satu korban dari penggunaan adblock, strategi terbaiknya adalah dengan beradaptasi mencoba meyakinkan pelanggan dengan mengubah preferensinya.
Cara lain adalah memakai jasa influencer. Para konsumen yang lebih muda biasanya akan lebih tertarik dengan pola pemasaran ini. Anda juga bisa menyewa perusahaan creative agency yang berpengalaman untuk menangani masalah ini.
Pemakaian Chatbots
Teknologi berbasis kecerdasan buatan ini bakal terus digunakan di tahun-tahun mendatang. Chatbots menggunakan pesan instan untuk mengobrol secara real time dengan pelanggan atau pengunjung situs.
Layanan ini banyak disukai pelanggan karena memungkinkan untuk digunakan sepanjang waktu selama 24 jam. Selain itu, chatbots juga bisa memberikan jawaban dengan akurat dan cepat.
Beberapa merek terkenal yang sukses menggunakan fitur chatbots yaitu Pizza Hut, Whole Food Market, The Wall Street Journal, dan lainnya.
Video Marketing
Video marketing atau pemasaran video menjadi tren dalam beberapa tahun terakhir. Penggunaannya diprediksi akan terus ada dalam waktu 5 tahun hingga 10 tahun ke depan.
Data menyebutkan hampir 52% konsumen lebih percaya setelah menonton video marketing. Video marketing mampu menaikkan konversi sebanyak 72%.
Video marketing bisa diamplifikasikan di berbagai platform. Misalnya, YouTube, Instagram, atau Facebook. Selain itu, menempatkan video marketing di konten situs juga mampu mendorong penelusuran organik sebanyak 50 kali.
Creative digital agency merupakan pihak yang tepat untuk menggarap video marketing brand atau perusahaan. Dengan video marketing yang menarik, akan membawa banyak keuntungan bagi perusahaan.
Local SEO
Google selalu memperbarui algoritmanya, termasuk di dalamnya local SEO. Local SEO adalah strategi pengoptimalan mesin pencari yang mampu membantu bisnis lebih terlihat di hasil penelusuran lokal di Google.
Dengan pengoptimalan local SEO, pengguna yang mencari produk di sekitar mereka, akan ditunjukkan oleh Google bisnis atau brand terdekat yang memiliki produk tersebut. Penggunaannya tentu baik dalam membantu bisnis lokal lebih berkembang.
Cara mengembangkannya cukup dengan mendaftarkan bisnis Anda di laman Google Bisnisku, lalu buat keyword lokal yang menjelaskan tentang nama kota, bangunan, keunikan produk, informasi bisnis yang nantinya informasi ini akan muncul di SERP Google.
Segmentasi Pelanggan
Segmentasi pelanggan artinya mengelompokkan audience target berdasarkan pada perilaku, sifat, demografi dan kebiasaan berbelanja.
Dengan menggunakan strategi segmentasi pelanggan, produksi konten akan lebih akurat sesuai preferensi pengguna, baik untuk iklan atau pun email.
Masih belum paham dengan tren marketing digital 2021? Jangan khawatir, Anda bisa menghubungi digital marketing agency atau perusahaan creative agency yang bisa membantu strategi digital marketing secara profesional.
Untuk pemasaran digital, baik menggunakan media sosial, hingga SEO specialist bisa Anda percayakan pada IDEOWORKS. Kami sebagai creative digital agency siap menjadi mitra bagi Anda dan perusahaan demi memenuhi setiap aspek kebutuhan pemasaran yang diperlukan agar performa perusahaan melaju dengan pesat.