Preloader
marketing agency

Orang-orang Hebat yang Ada di Balik Marketing Agency

Selalu ada orang-orang hebat di balik marketing agency. Mereka punya peran besar dalam perusahaan untuk memberikan layanan ide-ide dalam promosi produk atau jasa. Digital marketing professional agency yang kadung punya nama, dipastikan memiliki beberapa departemen untuk menghasilkan kampanye produk atau jasa yang berhasil. Mereka saling berelaborasi agar nantinya mendapatkan predikat sebagai jasa digital marketing agency terpercaya.

Account Executive

Departemen ini menjadi link untuk mendapatkan klien. Account executive akan melakukan pertemuan dengan klien dan untuk mendapatkan brief mengenai produk yang akan dilakukan kampanye. Bukan hanya melakukan hubungan dengan klien, account executive juga memiliki relasi dengan berbagai mitra untuk menciptakan hubungan yang baik, seperti melakukan relasi dengan pihak media.

Account Planning

Departemen ini akan menggabungkan penelitian yang dilakukan dan pemikiran strategis, sehingga akan mendapat kesimpulan yang tepat. Account Planning akan melakukan penelitian lebih mengenai produk yang akan dilakukan kampanye dan juga klien agar didapatkannya ide iklan yang tepat untuk produk atau jasa tersebut.

 Finance & Account

Departemen ini bertanggung jawab untuk menangani setiap pengeluaran dan pemasukan yang dilakukan dalam kampanye ini. Finance & Account akan menangani pembayaran gaji, tunjangan,biaya penjualan dan biaya bisnis yang terjadi di advertising company Indonesia.

Media Buying

Fungsi dari departemen ini adalah melakukan pembelian media dengan maksud mendapatkan ruang untuk  menampilkan iklan produk atau jasa yang dibuat tersebut. Hal ini dilakukan dengan melibatkan kerjasama erat dengan departemen kreatif dengan ide – ide nya dan juga klien sebagai pemilik produk atau jasa tersebut.

Produksi

Departemen produksi akan berkolaborasi dengan departemen kreatif untuk melakukan pembuatan iklan  seperti, photography untuk iklan di media cetak, ataupun membuat TVC untuk media televisi. Struktur dalam sebuah advertising company Indonesia memang cukup banyak dikarenakan proses pembuatan iklan yang juga memang memiliki berbagai proses panjang dan juga membutuhkan divisi yang memang ahli di bidang mereka masing – masing. 

Struktur dalam sebuah digital marketing profesional agency memiliki kerja yang berbeda namun masih tetap berkaitan satu sama lain, maka dari itu dibutuhkan komunikasi yang baik antar divisi yang akan membuat iklan yang dihasilkan dapat sukses dan sesuai dengan keinginan dan kebutuhan klien.

Untuk kian memantapkan label jasa digital marketing agency terpercaya, biasanya lima departemen ini kembali membuat departemen kecil sebagai turunannya. Adapun, digital marketing agency Jakarta biasanya membagi job desk sebagai berikut:

Creative Director

Creative Director bisa dikatakan adalah kepala dari divisi kreatif. Creative Director bertanggung jawab untuk memikirkan strategi kreatif yang masih sesuai dengan kemauan klien. Creative Director dituntut untuk bisa mengayomi divisi kreatif dan dituntut untuk selalu memiliki hubungan baik dengan klien.

Graphic Designer

Seperti namanya, Graphic Designer adalah orang yang membantu tim dalam pengerjaan yang berkaitan dengan grafis. Dengan berkembangnya zaman, di beberapa agency periklanan Graphic Designer juga dituntut untuk bisa menjadi menjadi Motion Designer, 3D Designer, bahkan UI Designer.

Copywriter

Bisa dikatakan Copywriter adalah penulis iklan. Jadi tugasnya adalah membuat skenario iklan, menulis kata-kata pada iklan cetak, dan membuat tagline. Tugas Copywriter tidak semudah yang dibayangkan, mereka dituntut untuk bisa menulis kata-kata yang tak terlupakan dengan standar tinggi dari klien.

Media Planner

Sesuai namanya, Media Planner memiliki tanggung jawab untuk merencanakan media apa yang akan digunakan untuk beriklan. Media yang dipilih harus sesuai dengan produk yang akan diiklankan.

Digital Strategis

Pada era digital dibutuhkan seseorang yang bisa mengampanyekan materi iklan di berbagai kanal internet, Digital Strategist adalah orangnya. Mereka bertanggung jawab akan strategi periklanan di dunia maya.

Search Engine Optimization (SEO) dan Search Engine Marketing (SEM)

Kegemaran para calon pembeli untuk mengunjungi Google sebelum melakukan pembelian tidak bisa dibantahkan. Contoh saya ingin membeli laptop harga 6 jutaan, maka saya akan mengunjungi Google untuk melihat-lihat rekomendasi yang ada. Tugas dari SEO adalah membuat agar laman web klien muncul pada halaman awal Google, dengan begitu kemungkinan akan mendapatkan klik dari saya sebagai calon pembeli dan mengarahkan agar membeli laptop dari brand tersebut.

Sedangkan tugas SEM adalah memasarkan website klien di mesin pencarian seperti Google. Biasanya iklan tersebut akan langsung menyasar para calon pembeli dengan menyesuaikan keyword pencarian.

KOL Specialist

KOL adalah singkatan dari Key Opinion Leader. Bisa dikatakan KOL adalah orang-orang yang memiliki massa dan pendapatnya begitu didengar dan disukai massa tersebut. Sebutan lain dari KOL adalah influencer. Tugas dari KOL Specialist adalah mengajak kerja sama dengan influencer yang telah ditetapkan oleh tim, dan memastikan agar influencer tersebut berkerja sesuai dengan kontrak yang telah disepakati. Tugas dari KOL Specialist terkadang terasa berat jika kedapatan berkerja sama dengan influencer yang kurang profesional dalam menjalankan tugasnya.

Social Media Officer

Social Media Officer adalah orang-orang yang bertanggung jawab dalam menjalankan berbagai macam akun media sosial klien. Mereka melakukan perencanaan, penjadwalan postingan, menjawab pertanyaan-pertanyaan “ajaib” followers, terkadang juga membuat kompetisi kecil-kecilan.

Content Writer

Saat ini sudah banyak brand yang memiliki website sendiri. Tugas dari Content Writer di sini adalah mengisi website tersebut dengan tulisan-tulisan yang sekiranya sesuai dengan calon pembeli. Content Writer dituntut untuk bekerja sama dengan SEO & SEM.

Marketing agency Indonesia biasanya punya beberapa benefit yang akan kamu dapatkan bila bekerja sama dengan mereka. Satu yang pasti kamu tak perlu repot dalam urusan periklanan. Beberapa digital marketing agency Jakarta setidaknya menawarkan manfaat kerja sama yang menguntungkan. Berikut di antaranya:

Kamu Bisa Fokus pada Value Utama Bisnis Kamu

Ini adalah salah satu alasan yang paling penting mengapa kamu menggunakan jasa marketing agency karena Marketing is about value. Marketing sebagus apapun tidak akan berarti apa-apa jika produk/ jasa yang kamu tawarkan tidak memiliki value yang kuat, maka dari itu sebagai pemilik bisnis harus benar-benar fokus dengan value utama brand kamu yakni membuat produk/ layanan yang luar biasa. 

Tentunya kurang efektif jika kamu harus membagi fokus antara marketing dan produk, bahkan walaupun kamu dan tim kamu bisa melakukannya, pada akhirnya kamu akan mengorbankan value utama bisnis/ brand kamu yaitu menciptakan produk/ layanan yang berkualitas.

Waktu dan energi kamu terbatas, prioritaskanlah “core” bisnis dan pekerjaan utama kamu sehingga bisnis kamu pun terus menghasilkan produk/ layanan yang memuaskan kepada customer. Agensi yang baik tentunya akan membantu kamu mencapai tujuan tersebut dan menyesuaikan strategi marketing yang tepat untuk bisnis kamu kedepannya.

Bisnis Kamu Akan di Marketingkan Secara Profesional

Digital marketing tergolong kompleks karena itulah kehadiran digital marketing profesional agency sangat diperlukan. Setiap agensi pastinya sudah dibekali oleh pengetahuan yang mendalam mengenai dunia digital marketing baik dari segi branding, SEO, media sosial dan lainnya.

Kembali lagi pada poin pertama, walaupun kamu memahami dengan baik tentang digital marketing, kedepannya kamu akan mengorbankan value awal dari produk/ jasa yang kamu berikan. Mungkin kamu sadar jika waktu, perhatian, dan tenaga kamu terbatas dan bahkan kamu mungkin tidak mampu melakukan segalanya sendiri, oleh karena itu kamu perlu kehadiran seorang profesional yang mengerti dan siap membantu permasalahan yang sedang kamu hadapi.

Menghemat Budget Marketing

Digital marketing agency Jakarta yang baik akan merencanakan anggaran yang tepat untuk mempromosikan bisnis kamu sesuai dengan budget yang kamu punya. Dengan menggunakan jasa digital marketing yang profesional maka kamu bisa menghindari kesalahan-kesalahan tertentu yang justru bisa menghasilkan pengeluaran yang sia-sia

Sebuah agensi biasanya lebih paham “What, Works and Don’t” dalam digital marketing karena pengalaman yang cukup terasah selama bertahun-tahun. Dengan semua pengalaman tersebut tentunya mereka bisa jauh lebih menghemat biaya marketing dan menekan pengeluaran bisnis kamu.

Hasil Promosi yang Jauh Lebih Efektif dan Kreatif

Fokus sebuah agensi adalah memarketingkan bisnis kamu kepada market yang tepat, pada  waktu yang tepat dan dengan cara yang tepat. Agensi digital berfokus pada sisi marketing, sedangkan kamu bisa berfokus pada produk/ jasa yang akan dijual. Nah, kombinasi ini akan menghasilkan marketing yang sangat efektif karena kamu sebagai pemilik bisnis betul-betul mempersiapkan produk/ jasa yang terbaik untuk customer dan agensi dapat memarketingkan dengan kreatif sehingga bisnis/ brand kamu bukan hanya sekedar “terlihat” melainkan menjadi pilihan yang lebih baik bagi konsumen.

Keuntungan yang Lebih Maksimal

Jelas dengan biaya marketing yang efektif akan menghasilkan profit untuk bisnis anda secara jangka panjang mulai dari penjualan/ sales sampai Brand Awareness.  Agensi akan memberikan laporan performa/ kinerja dari strategi marketingnya sehingga kamu pun juga bisa mengetahui bagaimana perkembangan bisnis kamu secara bertahap, dengan hasil kinerja inilah kamu akan mengerti apakah bisnis kamu benar-benar memerlukan agensi digital atau tidak.

Jika sedang mencari jasa digital marketing agency terpercaya yang bisa menyalurkan ide dan kreatifitas yang kamu punya, IDEOWORKS bisa menjadi solusi untuk membantu promosi sosial media. Kami menawarkan banyak layanan yang bisa kamu pilih untuk membantu keberhasilan produk yang ditawarkan!

Let’s talk about your brand