Apa Bedanya Production House, Studio Film, dan Advertising Agency Indonesia

Apa Bedanya Production House, Studio Film, dan Advertising Agency Indonesia?

Seiring berkembangnya bisnis advertising agency Indonesia, kita kerap kali mendengar beberapa istilah. Beberapa di antaranya Production House, Studio Film, dan Advertising Agency Indonesia. Ketiga elemen ini kemudian menjelma menjadi transformasi digital yang men-disrupt bisnis kreatif membuat batas-batas antara industri film, periklanan, bahkan pemasaran. Tahukah kamu walaupun sama-sama beroperasi di dunia kreatif, ketiga nama tersebut berkarya di ranah yang berbeda dengan cara kerja yang berbeda pula berikut rinciannya:

Advertising Agency

Advertising agency atau agensi periklanan merupakan perusahaan yang tujuan utamanya mengiklankan suatu barang atau jasa. Untuk mengiklankan suatu barang atau jasa diperlukan perpaduan antara ilmu pengetahuan dan kesenian. Oleh karena skill set-nya yang terspesialisasi, diperlukan perusahaan khusus untuk menanganinya yang disebut advertising agency.

Nah, untuk menjadi penyedia jasa advertising agency Indonesia sendiri terbagi lagi atas beberapa jenis, mulai dari traditional advertising agency sampai media buying advertising agency.  Berikut pula rinciannya:

Team profesional advertising agency Indonesia berisikan para talenta untuk merencanakan dan menjalankan iklan dari sebuah perusahaan. Mereka akan memikirkan cara-cara terbaik dan terkreatif untuk mempromosikan perusahaan dari kliennya. Ada beberapa tipe advertising agency yang ada di industri, sebelum bekerjasama dengan salah satunya, cek dulu ya tugas dan perannya tiap-tiap advertising agency!

Full Service Advertising Agency

Untuk menjadi advertising agency Indonesia terbaik, kudu menawarkan seluruh jasa periklanan mulai dari periklanan tradisional hingga digital. Perusahaan ini memiliki tim yang menyeluruh di berbagai bidang periklanan dan ekspert di bidangnya masing-masing. Jadi klien yang menggunakan jasa dari agency ini bisa mendapatkan pelayanan yang komplit untuk periklanan mereka, seperti Ad Campaigns, Strategic Planning, TVC, Social Media Management, Content Creation, Web Development, Radio Commercials, SEO, Graphic Design, dan Lead Nurturing. Cocok dipakai bagi perusahaan yang membutuhkan jasa periklanan yang komprehensif.

Traditional Advertising Agency 

Jasa advertising agency Indonesia juga kudu menawarkan jasa periklanan untuk media tradisional, seperti TVC, radio, billboard, brosur, koran, dan media cetak lainnya. Jasa agency ini cocok dipakai untuk perusahaan yang memiliki target audiens lokal, seperti restoran yang membagikan menu yang dimilikinya dalam bentuk brosur.

Digital Advertising Agency

Tipe advertising agency Indonesia terpercaya lazimnya menawarkan jasa periklanan untuk media digital. Jasa yang ditawarkan, seperti Search Engine Optimization (SEO), Social Media Marketing, Website Design and Development, Lead Generation, Email Marketing, Account Based Marketing, dan Marketing Automation. Jasa agency ini cocok dipakai untuk perusahaan yang memiliki target segmented, karena media digital memiliki kelebihan untuk menargetkan audiens yang lebih spesifik. Agency ini juga cocok dipakai untuk perusahaan yang ingin menaikan social presence mereka di dunia online.

Branding Advertising Agency

Branding Advertising Agency yaitu membuat logo perusahaan atau identitas visual perusahaan

Agency ini fokus pada branding, seperti pembuatan logo perusahaan atau identitas visual perusahaan yang lain, seperti kartu nama, kop surat, signage, dan yang lainnya. Dalam membuat identitas visual perusahaan, agency akan mempelajari lebih lanjut mengenai perusahaan secara lebih detail dan melakukan riset terhadap market, supaya identitas visual dapat merepresentasikan identitas perusahaan. Tipe agency ini cocok dipakai, saat anda ingin memulai perusahaan atau ketika ingin melakukan re-branding perusahaan, karena perubahan susunan manajemen atau alasan lainnya.

Baca Juga  Ide Konten TikTok yang Menarik untuk Bisnis

Social Advertising Agency

Jenis jasa advertising agency Indonesia ini fokus di sosial media, tim dari agency ini terdiri dari para content creator yang dapat membantu perusahaan anda untuk mengoptimalkan presence di sosial media. Agency ini cocok dipakai untuk perusahaan yang memiliki tujuan spesifik, misalnya menjual hand sanitizer secara online melalui platform sosial media.

Creative Advertising Agency

Perusahaan advertising agency Indonesia terpercaya akan fokus pada strategi dan eksekusi kreatif untuk periklanan sebuah perusahaan secara menyeluruh. Biasanya terdiri dari beberapa kelompok art director dan copywriter. Agency ini cocok dipakai oleh perusahaan yang ingin memiliki strategi periklanan untuk mengiklankan perusahaannya dengan cara kreatif.

Public Relation Advertising Agency

Berperan untuk meningkatkan dan mengelola citra publik dari perusahaan anda, supaya citra publik perusahaan yang ada di berita, baik media cetak atau media digital dapat terjaga dengan baik. Cocok dipakai jika perusahaan anda ingin meningkatkan kesadaran publik soal perusahaan anda dan juga akan membantu perusahaan anda untuk membuat kesan publik yang baik terhadap citra perusahaan dan pemimpin perusahaan.

Media Buying Advertising Agency

Advertising agency Indonesia terpercaya kerap berfokus pada perencanaan media dan pembelian media, biasanya agency ini menyesuaikan layanan mereka ke saluran tertentu. Mereka akan merencanakan timeline, anggaran keuangan, dan menargetkan audiens yang sesuai untuk perusahaan. Walaupun biasa memiliki tim kreatif in-house, tapi agency ini biasanya dipakai beriringan dengan creative advertising agency.

Itulah tipe dari advertising yang lazim ada di industri periklanan baik di Indonesia atau luar negeri, masing-masing memiliki fungsi yang berbeda. Untuk memilihnya dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan kamu.

Production House

Production house (sering disingkat PH) atau production company adalah perusahaan yang fokus utamanya adalah memproduksi konten yang berbentuk audio visual, bisa iklan, film, atau web series. Dalam dunia periklanan, production house berperan sebagai eksekutor ide yang dibuat oleh advertising agency. 

Jadi dengan kata lain advertising agency tidak memproduksi iklannya sendiri, tetapi mempekerjakan production house untuk mengeksekusinya. Semua aktivitas yang berkaitan dengan teknis, mulai dari mencari kru, pemain, lokasi, dll merupakan tanggung jawab production house.

Seiring perkembangan zaman, aktivitas production house sedikit mengalami pergeseran. Semakin mudah dan murahnya teknologi perfilman, production house juga melakukan aktivitas lain selain memproduksi konten semata, seperti pengembangan kreatif, pascaproduksi, bahkan sampai distribusi konten.

Studio

Sebutan studio sebetulnya lahir di masa keemasan Hollywood di antara tahun 1920 an sampai 1950 an. Studio film berskala besar memiliki beberapa perusahaan produksi (production house) dan fasilitas-fasilitas yang digunakan dalam produksi film. 

Berbeda dengan production house yang fokus memproduksi, studio film fokus pada proses creative development (pengembangan kreatif), penulisan / akuisisi intellectual property dan skenario, financing (pendanaan film), promosi, sampai distribusi film. Betul, secara bisnis, cakupan kerja studio film memang lebih besar dibandingkan production house.

Namun sekali lagi, seiring berkembangnya teknologi digital, sekat-sekat yang membedakannya dengan production house semakin samar-samar. IDEOWORKS menjadi salah satu advertising agency indonesia terpercaya yang dapat membantu promosi sosial media. Kami menawarkan banyak layanan yang bisa kamu pilih untuk membantu keberhasilan produk yang ditawarkan!

 

https://studioantelope.com/perbedaan-advertising-agency-production-house-dan-studio-film/

Add comment: