Preloader
404-image

Perbedaan Digital Agency & Creative Agency. Butuh yang Mana?

Anda ingin mempromosikan sebuah produk dengan bantuan jasa digital agency atau creative agency? Tapi, kira-kira apa perbedaan dari digital agency dan creative agency sih? Lalu, Anda lebih pilih atau butuh yang mana? Sama-sama bergerak di bidang jasa pemasaran, tapi ternyata sistem pekerjaan digital agency dan creative agency, sangat berbeda loh! Meski begitu, digital agency dan creative agency adalah bidang pekerjaan yang saling berkaitan, dengan tujuan utama yang hampir sama, yakni mempromosikan produk. 

Daripada nebak-nebak, lebih baik langsung saja intip pengertian dari masing-masing istilah berikut. Ketahui juga, di mana letak perbedaannya beserta manfaat, karena digital agency marketing dan creative agency memiliki kedudukan yang sama-sama penting di bidang pemasaran. 

Pengertian Digital Agency

Bergerak di bidang jasa pemasaran, digital ahensi atau digital agency juga dikenal sebagai advertising agency. Namun, yang membedakan antara digital agency dan advertising agency adalah media yang digunakannya. Seperti namanya, media yang digunakan digital agency adalah seperti website, media sosial, aplikasi, mesin pencarian, email dan masih banyak lagi. Sedangkan advertising agency, merupakan jasa periklanan yang menggunakan media konvensional, seperti televisi, radio, billboard, majalah, banner, dan lainnya. 

Sehingga, secara umum digital agency dan advertising agency adalah hal yang sama. Jadi, jika ada lowongan pekerjaan yang mencantumkan posisi untuk digital agency atau advertising agency, Anda hanya perlu mengecek fokus media yang digunakannya. 

Manfaat Menggunakan Jasa Digital Agency

Adapun, perusahaan yang menggunakan jasa digital agency Indonesia, akan mendapatkan beberapa manfaat, demi kelancaran proses promosi produk yang mereka miliki. Berikut beberapa manfaat digital agency untuk perusahaan:

  • Penjualan Produk Lebih Efektif dengan Bantuan Rancangan Strategi yang Matang

Tidak semua perusahaan memiliki pengalaman dalam merancang sebuah strategi promosi dan penjualan. Maka tak heran jika banyak perusahaan kecil maupun besar, menggunakan digital marketing agency, untuk membantu membuat rancangan hingga mengelola strategi pemasaran. Dengan bantuan digital agency, perusahaan tidak perlu repot-repot mengurus proses pemasaran, karena semua sudah dihandle oleh pihak digital agency. Pihak perusahaan hanya perlu memantau, bagaimana keefektifan penjualan produk, saat pihak agency telah melakukan pemasaran di beberapa channel digital marketing yang dipilih, seperti website, media sosial, email, aplikasi dan lainnya.  

Hal tersebut tentu akan lebih efisien, ketimbang melakukan pemasaran di media konvensional, seperti majalah, koran, atau bahkan televisi. Waktu pemasangan iklan juga bisa ditentukan sendiri, kapan posting, berapa durasinya, hingga berapa banyak slot yang akan diambil.

 

  •  Bisa Menjangkau Lebih Banyak Calon Pelanggan yang Sesuai dengan Target Pasar 

Pemasangan iklan melalui media konvensional, mungkin akan cukup sulit untuk menjangkau calon pelanggan yang sesuai dengan target pasar. Terlebih, saat ini media konvensional sudah mulai ditinggalkan, karena masyarakat lebih memiliki media digital berbasis internet, sebagai sumber informasi. Bahkan, media digital sudah sangat detail dalam menentukan target audiens. Mulai dari negara, kota, usia, gender, dan lainnya, sehingga proses pemasaran menjadi lebih efisien. 

 

  • Hemat Biaya Pemasaran 

Karena belum memiliki banyak pengalaman dalam bidang pemasaran, banyak perusahaan yang akhirnya hanya membuang biaya, akibat pemilihan strategi yang kurang tepat. Sehingga, dengan adanya jasa digital agency, maka semua kegiatan pemasaran bisa diserahkan kepada ahlinya. Setidaknya, mereka sudah memiliki banyak pengalaman, jam terbang, hingga pihak atau brand yang sudah bekerjasama. Tidak hanya itu, menggunakan jasa digital agency juga bisa menyesuaikan budget yang perusahaan miliki. Sehingga, jenis pemasaran yang akan dijalani, bisa diatur dari besar kecilnya dana yang bisa dikeluarkan oleh perusahaan, untuk kebutuhan di bidang ini.

 

  • Mampu Meningkatkan Konversi Penjualan 

Tidak hanya meningkatkan engagement, pemasaran melalui media digital juga mampu meningkatkan konversi penjualan produk, dengan sangat signifikan. Mengapa? Jenis pemasaran digital saat ini juga memiliki berbagai tipe, salah satunya yang paling banyak digunakan adalah SEM atau Search Engine Marketing). Pasalnya, dengan jenis pemasaran ini, perusahaan bisa sanggup membuat ROI (Return of Investment) bisa didapatkan lebih baik dari media konvensional. Terlebih untuk para perusahaan di bidang usaha, karena jenis pemasaran ini bisa membuat rasa penasaran calon pelanggan, akan sebuah produk. 

 

Itu dia manfaat jika sebuah perusahaan menggunakan jasa digital agency di Indonesia. Lantas bagaimana dengan pengertian creative agency beserta manfaat yang akan didapat perusahaan? 

 

Pengertian Creative Agency 

Mungkin Anda pernah berpikir, kira-kira dimana para pemilik brand produk membuat video iklan untuk mempromosikan produk mereka? Terlebih, iklan yang dihasilkan juga sangat bagus, kreatif, out of the box, mudah dipahami, hingga menyentuh.   Nah, untuk menghasilkan video iklan yang bagus, desain website untuk brand produk unik, content social media yang menarik, hingga event untuk mempopulerkan suatu brand, biasanya sebuah perusahaan menggunakan jasa creative agency. 

Jadi, creative agency adalah sebuah perusahaan yang berjalan di bidang kreatif, dan melayani para perusahaan yang memiliki brand produk, untuk mempopulerkannya ke masyarakat, lewat karya kreatif (branding) ke dalam berbagai bentuk.

Creative agency di Indonesia sendiri, sebenarnya bukan hal baru dan sudah lama ada. Namun, hanya saja istilah atau sebutannya yang kian berubah-ubah. Hingga saat ini, banyak perusahaan besar, yang mempercayakan pelayanan yang dilakukan creative agency untuk meningkatkan branding sebuah produk, agar semakin dikenal dan melekat di pikiran masyarakat. 

Jadi, perusahaan creative agency adalah layanan yang lebih berfokus ke produksi kreatif pada sebuah karya periklanan. Dari pengertiannya, tentu sudah berbeda dengan digital agency, yang lebih berfokus ke konsep hingga strategi. 

 

Manfaat Menggunakan Jasa Creative Agency

Lantas, apa manfaatnya, jika suatu perusahaan menggunakan jasa creative agency? Berikut informasinya:

  • Membantu Perusahaan Agar Lebih Fokus ke Tujuan Utama 

Khalayak tidak akan mengenal suatu produk, jika tidak ada yang membuat produk tersebut terlihat menarik dan dibutuhkan. Maka dari itu, perusahaan perlu memfokuskan diri agar produknya dikenal, sehingga tingkat penjualan produk juga akan mengikuti. Di sini perusahaan creative agency akan membantu menghandle semua proses branding, dengan cara yang profesional dan berpengalaman. Pihak creative agency akan membranding produk, yang disesuaikan dengan kebutuhan hingga tren pasar yang sedang terjadi saat ini. 

  • Perusahaan Bisa Membranding Produk Sesuai Keinginan dan Target Pasar

Meski semua bisa diserahkan sepenuhnya oleh pihak creative agency, namun di sini perusahaan juga bisa ikut andil dalam menentukan branding. Misalnya, branding produk harus melekat dengan konsep remaja, ceria, milenial banget, dan pesan-pesan lainnya. Intinya, semua bisa disesuaikan dengan target pasar yang perusahaan inginkan. Sehingga, pesan bisa ditangkap oleh target yang tepat dan tidak buang-buang waktu, tenaga dan biaya pemasaran. 

  • Bisa Lebih Hemat Budget 

Sama seperti digital agency, menggunakan jasa creative agency juga bisa disesuaikan dengan budget yang perusahaan miliki. Jadi, dana bisa dikeluarkan dengan semestinya secara fungsional. 

  • Mampu Menghasilkan Konten Pemasaran yang Unik & Menarik Tentang Produk 

Seperti yang sudah sering dibahas, creative agency akan membantu Anda dalam memproduksi dan menghasilkan konten-konten yang bagus, unik, menarik, hingga menyentuh tentang produk. Hal tersebut dilakukan, agar pesan branding dari produk tersebut bisa sampai ke khalayak. 

Bagaimana? Sudah bisa membedakan antara digital agency dan creative agency? Kira-kira Anda lebih butuh yang mana, untuk mengembangkan brand produk perusahaan Anda?

Saat ini, sudah banyak digital agency Indonesia yang bermunculan, khususnya digital agency Jakarta. Sehingga, jika Anda membutuhkan jasa digital ahensi terbaik, Anda bisa dengan mudah menemukan dan membandingkannya.

Nah, jika Anda butuh keduanya, maka Anda bisa gunakan jasa digital agency di Indonesia yang juga bisa merangkap sebagai creative agency, seperti IDEOWORKS.id! Sebagai salah satu agency digital marketing terbaik di Jakarta, IDEOWORKS.id maupun memberikan layanan-layanan pemasaran yang mumpuni, dari para tim yang profesional.  Jika masih ragu, jangan khawatir! Karena IDEOWORKS.id juga sudah banyak bekerjasama dengan brand-brand besar seperti Citilink, Homyped, Koepoe Koepoe, hingga Bank SinarMas, dengan berbagai layanan pemasaran yang masing-masing dipilih.

Tidak perlu khawatir, dengan jenis layanan apa saja yang bisa diberikan IDEOWORKS.id. Karena, IDEOWORKS.id juga memiliki strategi digital marketing skill khusus, untuk menjalankan proses pemasaran dan periklanan.

Layanan strategi yang disediakan mencakup layanan CASA, yakni mulai dari Communicate (menyampaikan pesan), Amplify (memperkuat branding), Socialize (mensosialisasikan produk (promosi)), Analyze (menganalisa).

Anda juga bisa berkonsultasi terlebih dahulu terkait kegiatan pemasaran yang akan dilakukan, hingga budget yang Anda miliki. Pasalnya, IDEOWORKS bisa menyesuaikan paket layanan pemasaran, dengan dana yang Anda miliki.

Hal tersebut bisa membuat pengeluaran biaya perusahaan Anda lebih efisien, dengan kegiatan pemasaran yang lebih efektif. Pasalnya, semua kegiatan pemasaran dilakukan oleh tim marketer dan tim kreatif yang ahli di bidangnya serta sudah berpengalaman. 

Yuk, capai semua tujuan branding Anda dengan jasa digital agency Jakarta yang tepat dan terpercaya, seperti IDEOWORKS.id!

 

Let’s talk about your brand