Salah satu teknologi era 4.0 adalah mencetak produk unggulan yang bisa memudahkan pengguna dengan jangkauan luas dan efisien. Itulah mengapa di era ini Google terus berinovasi menciptakan fitur memudahkan bagi pebisnis. Google Suite atau G Suite merupakan salah satu layanan email bisnis yang memiliki fasilitas-fasilitas handal dan terlengkap dari Google. Cara menggunakan Google Suite bisnis bisa Anda terapkan di sejumlah aspek penting aktivitas sehari-hari seperti membuat email profesional bisnis Anda, menyimpan data email berukuran besar 30GB, layanan customer care 7×24 jam, mengamankan data bisnis hingga proses memindahkan data email lama dari sistem IBM atau Microsoft.
Pengertian Google Suite secara umum
Google Suite atau G Suite adalah produk perangkat lunak sebagai layanan software as service/SaaS yang mampu menggabungkan alat produktivitas dan kolaborasi berbasis cloud yang diluncurkan oleh Google untuk bisnis, lembaga, dan organisasi nirlaba.
Sejak dirilis pada 2009 lalu, Google Suite pertama kali mengkampanyekan diri sebagai “Google Apps for Your Domain”, sebelum pada akhirnya menjadi layanan super lengkap. Peluncuran awal Google Suite adalah Gmail, Google Talk, Google Calendar, dan Google Page Creator. Sedangkan, keuntungan pemilik domain memiliki cara menggunakan Google Suite untuk bisnis otomatis bisa menjalankan fitur canggih seperti Calendar Drive, Google+, Hangouts/Meet, Blogger hingga fitur produktivitas dan kolaborasi lainnya ke dalam situs.
Saat ini, Google Suite menjadi layanan cloud terbaik dan terpopuler, seiring terus melakukan updating data mengikuti kebutuhan teknologi digital dunia bisnis. Dengan Google Suite dipastikan semua pekerjaan yang memerlukan proses administrasi dan ruang publik dapat terbantu dengan mudah, efisien dan efektif.
Bila Anda kesulitan untuk membuat, mengelola dan mengaplikasikan ke dalam bisnis, Anda bisa mengandalkan agency Google Suite Jakarta terbaik yang siap melayani rutinitas bisnis melalui layanan terbaik dari Google ini.
Mengenal produk Google Suite dan Fungsinya
Sesuai kebutuhan pengguna, ada beberapa layanan produk paling populer dari Google Suite yang bisa Anda gunakan untuk menjalankan bisnis. Berikut ulasannya.
Google Suite for Education
Google Suite for Education merupakan serangkaian alat produktivitas cloud computing dan perangkat lunak kolaborasi yang ditawarkan berlangganan di Google. Sama seperti namanya, layanan ini memang diperuntukan dan menonjolkan sejumlah fitur yang berguna untuk dunia pendidikan, hampir menyerupai Google Suite for Business yang memiliki fitur tambahan berupa Class Room. Dari sinilah para guru dan murid dapat berinteraksi satu sama lain dengan mudah untuk menyampaikan metode pembelajaran online.
Google Suite for Education terdiri dari Gmail, Google Calendar, Google Talk, Google Docs hingga Google Sites. Dan dari beberapa fitur layanan tersebut, cara menggunakan Google Suite for Education ini membantu mengembangkan diri siswa dan pendidikan.
Fungsi Google Suite for Education:
- Dapat mengunggah resume online (by Google Docs)
- Dapat membangun Sites sebagai Portfolio (by Google Sites)
- Bisa daftar dan registrasi plus (by Google Form)
- Dapat mengintegrasikan kalender akademik, hingga agenda pendidikan (by Google Calendar)
- Dapat membuat grup situs (by Google Sites)
- Dapat memanfaatkan diskusi/hangout tatap muka online (by Google Hangouts)
- Dapat membangun networking (Google Form)
- Dapat membuat dokumen secara terpisah dan realtime (Google Drive)
Google Suite Enterprise
Sebuah layanan dari Google Suite dengan pengembangan sempurna dari yang lainnya. Kenapa? Karena cara menggunakan Google Suite Enterprise, Anda bisa mendapatkan sebuah fitur tambahan berupa DLP (Data Loss Prevention)—membuat data lebih aman dan mencegah kehilangan, menemukan data perusahaan dengan mudah (melalui pencarian keyword di search engine), memungkinkan kolaborasi mudah dan membuat transisi ke cloud sederhana.
Biasanya, fungsi Google Suite Enterprise digunakan oleh pebisnis atau perusahaan yang ingin berpindah ke layanan teknologi cloud. Salah satu tujuannya agar dapat mentransformasi tim yang bekerja dengan teknologi kolaborasi, sehingga lebih efisien.
Google Suite Business
Google Suite Bisnis (Business) merupakan salah satu alternatif pebisnis untuk mengakomodir kebutuhan sehari-hari. Berbeda dari layanan sebelumnya, cara menggunakan Google Suite Bisnis satu ini memiliki kapasitas tak terbatas. Setiap pengguna dari tim Anda bisa menyimpan pesan Gmail, Google Foto dan file di Google Drive hingga 1 TB. Jadi Anda bisa menyimpan laporan dan dokumen apapun yang diinginkan, serta dapat berbagi dengan tim Anda secara praktis.
Kemudian dengan fitur terbaru, terdapat fungsi kontrol administrator lanjutan seperti
- Google Vault—ibarat sebuah brankas tempat penyimpanan, Google Suite Business dapat mengontrol segala aktivitas data bisnis atau domain secara realtime.
- Kemudian notifikasi aktivitas drive—ketika dokumen dapat dibagikan di luar domain Anda.
- Dapat menyinkronkan file drive dengan file lokal di komputer.
Google Suite for Basic
Sama seperti namanya, cara menggunakan Google Suite for Basic cukup mudah bila Anda masih dalam tahap pengenalan dan ingin mengetahui fitur lebih banyak lagi. Biasanya untuk layanan basic ini, Anda akan diberikan kapasitas penyimpanan 30GB/users.
Apa yang membedakan Google Suite dengan Akun Google biasa?
Jawabannya, cukup besar perbedaannya. Kenapa? Karena sejatinya produk Google disajikan secara gratis untuk semua pengguna. Sedangkan dalam produk Google Suite, memiliki fitur tambahan untuk pebisnis atau perusahaan mendapatkan perhatian customer/klien. Beberapa fitur tambahan pada Google Suite juga terdapat penyimpanan ekstra atau tak terbatas dari cloud, kontrol administratif, dan tools migrasi data sederhana untuk mentransfer semua data bisnis Anda ke Google Suite.
Selain itu, Google Suite telah dilengkapi fitur manajemen perangkat seluler. Hal ini tentu memungkinkan pengguna bisnis seperti Anda bisa mengubah layanan aktif/nonaktif ponsel, mengontrol aplikasi aktif/nonaktif, hingga mengontrol data tak terbatas bila ada penyalahgunaan perangkat bisnis/perusahaan.
Selanjutnya, perbedaan Google Suite memiliki alamat email khusus untuk domain tertentu yang Google biasa tak bisa menerapkannya. Misalkan, Google biasa menggunakan akun email “@gmail.com”, sedangkan pengguna Google Suite bisa berisi variasi domain perusahaan bisnis yang disesuaikan oleh Anda sebagai manajemen/admin seperti bisnisanda@berkahselalu.com, dsb-nya. Namun, pastikan terlebih dahulu domain yang Anda gunakan tersebut telah didapatkan secara resmi dan terverifikasi dari Google.
Manfaat Google Suite untuk bisnis Anda
Bila keperluan bisnis Anda ingin efektif dan efisien, Google Suite memiliki manfaat yang Anda butuhkan. Layanan Saas ini dapat meningkatkan kolaborasi antar tim dalam perusahaan, lebih hemat biasa, dan sistem keamanan data sangat tinggi. Manfaat selanjutnya adalah soal biaya yang terjangkau menggunakan Google Suite bisnis dengan komponen yang fungsional. Terdapat tiga paket langganan yang bisa Anda pilih, mulai dari paket Basic hingga Enterprise. Masing-masing dengan estimasi biaya bulanan mulai dari $4,2 per pengguna, hingga $25 per pengguna.
Untuk konsultasi, Anda bisa hubungi IDEOWORKS.ID sebagai agency Google Suite Jakarta yang mampu melayani kebutuhan bisnis Anda mulai dari strategi bisnis awal, pembuatan layanan berbasis teknologi digital, hingga proses creative marketing mencapai tujuan bisnis.
Reference: