Maraknya dunia digital marketing di era industri 4.0 memang menggiurkan pebisnis untuk terus berkembang dan kompetitif. Digital marketing dan konten-konten yang terkandung didalamnya memang tidak pernah mengenal kata jengah. Algoritma yang sering berubah membuat marketing digital agensi di Indonesia semakin kreatif mendistribusikan konten yang tepat sasaran. Brand bisnis terus memoderasi produk dan layanan mereka setiap harinya untuk menemukan cara yang tepat untuk terus terhubung dengan audiensnya.
Tak hanya sampai disitu, banyak jasa marketing digital agensi di Indonesia kerap membuat strategi khusus membuat konten menarik dengan ide luar bisa dan tidak pernah terpikirkan sebelumnya. Oleh karena itu, banyak brand bisnis yang berlomba-lomba untuk bekerja sama dengan agensi digital marketing di Indonesia agar meraih objektif yang telah ditetapkan.
Sebagai digital marketer, mereka juga harus jeli terhadap perkembangan, tren dan strategi creative digital agensi di Indonesia guna menyelesaikan suatu proyek dengan tujuan pemasaran yang menggunakan jasanya, semisal untuk tujuan marketing, branding, atau advertising.
Karena salah satu tujuan marketing digital agensi di Indonesia adalah membantu klien bisnis dalam membuat strategi branding, marketing atau kebutuhan lainnya. Meski tujuannya tetap sama, yaitu “Goals”, masih banyak yang mengira kalau digital marketing hanya menawarkan jasa kreatif untuk kebutuhan marketing. Untuk itu, di artikel informatif ini kami memberi penjelasan terhadap tipe bisnis agensi dan cara kerja yang berbeda-beda. Buat kamu digital marketer, jangan di-skip, ya!
7 Tipe Creative Digital Agensi di Indonesia
Entertainment Agency – Fokus di Industri Hiburan
Tipe agency satu ini lebih berfokus kepada industri yang bergerak di bidang hiburan dengan melahirkan musisi, moder, dancer, hingga talenta-talenta baru di dunia hiburan di dunia—bisa menggunakan entertainment agency. Oleh karena itu cara kerja entertainment agency sebagai perantara atau pihak kedua yang membantu mengelola semua kebutuhan para artis, mulai dari branding sampai memanage project acaranya.
Beberapa contoh entertainment agency internasional yang telah melahirkan nama-nama populer di industri hiburan adalah SM Entertainment, YG Entertainment, HYBE Entertainment, dan masih banyak lagi.
Creative Agency – Fokus Pengelolaan Konten Kreatif
Selanjutnya ada creative agency, merupakan jasa yang bisa dilakukan oleh perorangan maupun perusahaan dengan berfokus kepada pengelolaan konten kreatif. Mulai dari strategi, ide brilian hingga eksekusi. Dengan fungsi tersebut, secara profesional mereka adalah tim yang solid dengan saling membantu meningkatkan sisi peningkatan kreatif bisnis. Sehingga tim yang dibentuk dapat melakukan hal-hal yang jelas dan tepat dalam penerapannya, seperti digital strategy, creative design, amplify, listening dan engagement.
Seiring dengan perkembangan kompetisi bisnis yang semakin kreatif, tentu jasa creative digital agensi di Indonesia sangat dibutuhkan oleh klien. Sebagai digital marketer, biasanya dapat memanfaatkannya ketika membangun brand. Karena jasa creative agency memiliki manfaat, sbb:
- Membuat perspektif yang berbeda dan luas
- Dapat meningkatkan brand identity, brand connection, dan brand visual
- Menghemat waktu dari perencanaan sampai eksekusi
- Menghemat budget tapi mendapatkan tim yang powerfull
- Dapat mengelola aset digital
- Membantu scale up bisnis
Public Relation Agency – Fokus Representasi Brand Image
Sebagai public relation agency tentunya berfokus kepada representasi brand image. Mereka mereka dapat mempromosikan sebuah perusahaan, produk, brand atau individu melalui liputan editorial di website, surat kabar, majalah, bahkan program televisi. Project PR agency itu meningkatkan kesadaran publik terhadap posisi klien serta mempromosikan citra yang baik di mata publik. Ada banyak layanan yang digunakan PR agensi untuk klien, mulai dari perencanaan, membangun hubungan bisnis, hingga story pitching.
Beberapa peran atau tipe PR agensi, sbb:
- Manajemen krisis—membantu klien menyusun rencana komunikasi ketika menghadapi situasi krisis.
- Menyelenggarakan acara—melaksanakan konferensi pers, perilisan produk, gala, trade show, media tour, hingga pameran.
- Mengatur wawancara atau liputan—membantu mengkoordinasikan jadwal wawancara klien dan jurnalis media
- Membangun hubungan media relation dan influencer—membantu membuat daftar media dan influencer berdasarkan relevansi brand bisnis.
- Mengembangkan key message—membantu menetapkan elemen penting yang ingin klien komunikasikan kepada media.
- Melakukan riset—dapat mempelajari bidang bisnis klien, tujuan, produk, sejarah, hingga membuatkan strategi komunikasi.
Branding Agency – Fokus Pembentukan Brand Image
Tipe branding agency adalah agency yang berfokus kepada pembentukan brand image sebuah bisnis, mulai dari perencanaan, pengemasan, pengembangan hingga pembaruan bila diperlukan. Ini menjadi departemen tambahan dalam bisnis, karena dengan bekerja sama dengan branding agency dapat membantu bisnis atau produk mencapai brand awareness. Mereka dapat mengerjakan gagasan untuk menciptakan identitas brand dan mengembangkannya dengan hal-hal berikut ini.
- Internal branding—mereka dapat membuat citra, misi, dan nilai brand yang harus disampaikan melalui saluran komunikasi (media).
- Communications—salah satu faktor penting yang digunakan branding agency untuk meningkatkan brand awareness
- Strategi marketing—mereka memiliki strategi marketing untuk mencapai kesuksesan atau target market bisnis.
- Designing logo, product packaging, dll—dengan tampilan kreatif, nuansa branding dapat mempengaruhi perasaan calon customer potensial.
- Positioning—tagline atau slogan dan positioning brand adalah teknik branding agency menciptakan pemasaran desain ke publik
- Re-branding—dapat mengubah brand yang sudah matang dan mempertahankan/mengulang energi dan reputasinya
- Brand identity dan brand guidelines—representasi brand dengan menampilkan visual, tone, dan atribut sensorik
- Riset dan analisis—dapat menganalisis untuk memahami masalah yang terjadi dengan data sebagai prediksi untuk mengambil tindakan
Marketing Agency – Fokus Kegiatan Marketing Bisnis
Marketing agency dikenal dengan layanan marketing bisnis dalam membantu klien menerapkan, mengelola operasional, dan strategi digital marketing mencapai target market bisnis. Cara kerja marketing agency cukup mengesankan, yaitu memberikan konsultasi dan pengembangan strategi marketing dengan menguasai tools marketing, sehingga dapat memaksimalkan pemasaran.
Beberapa produk atau tools marketing agency yang biasa digunakan dalam meningkatkan penjualan adalah branding, SEO, SEM, social media marketing, display advertising, content marketing, hingga social media management.
Advertising Agency – Fokus Layanan Periklanan dan Marketing
Selanjutnya dengan memaksimalkan advertising agency yang berfokus kepada layanan periklanan dan marketing membuat bisnis semakin populer. Dengan creative digital agensi di Indonesia ini khusus membantu mengadopsi iklan dalam memasarkan barang dan jasa dengan cara efektif.
Ada beberapa tugas advertising agency yang cukup konsisten, yaitu:
- Menerima feedback dari klien dan customer, kemudian memutuskan tindakan selanjutnya
- Dapat merencanakan jenis media yang digunakan
- Dapat melakukan penelitian tentang brand bisnis, serta reaksi customer
- Memanfaatkan iklan berdasarkan informasi yang dikumpulkan tentang brand bisnis
Digital Agency – Fokus Layanan Marketing dan Kreatif
Tipe satu ini cukup merangkum jasa digital marketing sebagai pihak ketiga yang berfokus kepada layanan marketing dan kreatif dalam membantu klien brand memasarkan produk di era digitalisasi. Umumnya, jasa atau layanan yang ditawarkan digital agensi seperti branding online, SEO website, Social media marketing management, E-Commerce advertising, dan Content Marketing.
Tak bisa dipungkiri bila cakupan digital marketing agency sangat membantu pebisnis mempromosikan produk secara online. Berikut lima manfaat menggunakan digital agency.
- Dapat meningkatkan konversi penjualan
- Dapat memperoleh hasil yang terukur
- Mendapatkan target market yang tepat
- Dapat fokus mengembangkan bisnis
- Membuat bisnis lebih populer
Itulah ke-7 tipe creative digital agensi di Indonesia dengan beragam manfaat yang bisa digunakan untuk meningkatkan bisnis. Meski tipe-tipe tersebut memiliki perbedaan dalam mengaplikasikan strategi bisnis, tentu dengan layanan full-service digital marketing semua jadi lebih istimewa. Yuk, temukan jasa agensi digital marketing di Indonesia dengan layanan full-service hanya di IDEOWORKS.
IDEOWORKS sebagai digital marketer membantu klien bisnis secara menyeluruh dan menikmati manfaat yang diberikan dengan strategi marketing yang komprehensif. Hubungi IDEOWORKS sekarang!