Articles

24 Agustus 2021

Apa Itu Integrated Marketing Campaign?

Mungkin bahasa tentang Integrated Marketing Campaign sedikit asing bagi orang awam. Yang pasti, Integrated Marketing Campaign merupakan strategi marketing yang kuat dan mampu membantu berbagai bisnis dalam skala besar maupun kecil untuk mendapatkan lebih banyak traffic, engagement dan sales. Integrated Marketing Campaign ini biasanya menjadi salah satu layanan yang diberikan oleh Integrated Marketing Agency. Sebelum membahas lebih jauh tentang Integrated Marketing Agency, Anda harus paham dulu tentang apa itu integrated marketing campaign. 

 

Pengertian Integrated Marketing Campaigns

Integrated marketing campaign adalah sebuah campaign yang melibatkan banyak marketing channel, dikombinasikan untuk mempromosikan produk dalam bentuk barang ataupun jasa. Marketing campaigns ini bisa membantu menyelaraskan pesan yang ingin disampaikan brand Anda tepat di seluruh channel marketing yang ada. 

Sementara istilah "integrated marketing" kadang sering disamakan sebagai "omnichannel marketing" atau ​​"multichannel marketing”, padahal keduanya berbeda. Integrated marketing benar-benar berfokus pada pesan yang yang konsisten di seluruh platform Anda, sedangkan multichannel marketing cenderung menargetkan segmen yang berbeda pada channel marketing yang berbeda pula. 

 

Keuntungan Integrated Marketing Campaigns

Mengapa Anda harus memasukkan jenis campaign ini dalam salah satu strategi bisnis Anda?  Integrated marketing campaigns menekankan pesan yang konsisten tentang brand Anda di banyak platform, ini akan membuat brand Anda memiliki peluang yang lebih besar untuk bertemu audiens dimana saja - kapan saja. 

Menurut studi yang dilakukan oleh GE Capital Retail Bank’s - Major Purchase Shopper Study, menunjukkan sebanyak 81% konsumen melakukan riset online sebelum memutuskan untuk melakukan pembelian. Integrated marketing campaigns juga dilaporkan memiliki tingkat efektivitas tiga kali lebih tinggi menurut Heinz/PFL 2018 Multichannel Marketing Effectiveness Report. 

Jika dibandingkan dengan single-channel marketing campaigns, integrated marketing campaigns bisa memberikan keuntungan berikut bagi brand Anda. 

  • Menjangkau audiens (konsumen/calon konsumen) lebih luas.
  • Meningkatkan brand recall dan brand awareness.
  • Membangun kepercayaan audiens lewat konsistensi. 
  • Menyeimbangkan hasil jangka pendek dengan pertumbuhan jangka panjang. 
 

Strategi Integrated Marketing Campaigns

Integrated Marketing bukan berarti Anda akan menyebarkan iklan yang sama untuk di publish di berbagai marketing channel atau platform. Seperti yang Anda tahu, setiap platform memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, tidak semua platform segmen yang sama dari target market yang ada. Untuk menjalankan integrated marketing, Anda butuh strategi ini. 

  • Team Alignment: penyelarasan tim untuk mendapatkan hasil maksimal dalam campaign marketing Anda, serta menemukan banyak ide untuk opsi campaign. 
  • Channel Transition: Integrated Marketing akan menghasilkan traffic dari banyak sumber, sehingga sangat penting untuk merencanakan bagaimana setiap user bisa benar-benar menerima dampak dari campaign Anda. 
  • Cross-Promoting Channels: Anda bisa menambahkan profil media sosial dalam email marketing, atau mencantumkan link website di profil media sosial, menambahkan konten media sosial di situs website Anda, dan integrasi tombol “share” di situs website Anda. 
 

Cara Membangun Integrated Marketing Campaigns

Jika Anda belum pernah mencoba integrated marketing campaigns sebelumnya, jangan khawatir, berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan. 

  • Menetapkan Campaign Goals 

Untuk menentukan strategi integrated marketing, Anda harus lebih dulu men-setting goal yang diinginkan. Goal untuk campaign ini harus benar-benar spesifik, jelas, dan ringkas. Saat merumuskan tentang goals, pastikan tentang budget, timeline, call to action, dan KPI yang ingin dicapai. 

  • Tentukan Target Market 

Setelah menentukan goals untuk campaign ini, Anda harus menentukan juga target market seperti apa yang ingin disasar. Anda akan mendapatkan hasil yang jauh lebih baik dengan fokus yang lebih sempit.

  • Pilih Marketing Channels

Pilih channel mana yang ingin Anda sertakan dalam integrated marketing campaigns kali ini. Setiap channel memiliki layanan, tujuan dan jangkauan audiens yang berbeda. Ada media sosial, email marketing, SEO, iklan berbayar, direct mail, iklan cetak dan lainnya. 

  • Ukur Keberhasilan Campaigns 

Setelah melakukan integrated marketing campaigns, maka ukurlah tingkat keberhasilan campaign dari masing-masing channel yang ditargetkan. Ada banyak analytic tools yang bisa Anda gunakan untuk mengukur kesuksesan campaign ini. 

Untuk bisa menjalankan semua strategi ini, Anda butuh bantuan Integrated Marketing Agency yang terpercaya. Sebagai salah satu digital marketing agency terbaik Indonesia, IDEOWORKS.ID hadir sebagai partner yang tepat untuk meningkatkan brand awareness dan kemajuan bisnis Anda dalam berbagai aspek.  

More Info

CONTACT US

Address

Pejaten Barat 46, Pasar Minggu

Jakarta Selatan 12510 INDONESIA

Email marketing@ideoworks.co.id

Phone/WA +62 812 9000 66150

Back to top