Articles

13 September 2021

Engagement vs Reach vs Impression

Social media Interaksi pengguna di platform media sosial Anda telah menjadi kebutuhan dalam mendapatkan konten berulang di depan konsumen potensial Anda. Karena itu, Anda perlu memaksimalkan social media management Anda. Idealnya, setiap follower Anda akan melihat konten yang Anda keluarkan. Namun, dengan adanya algoritma media sosial, gambaran ideal itu menjadi tidak sesederhana yang Anda bayangkan.

Algoritma sendiri adalah cara platform media sosial menyortir konten di feed pengguna berdasarkan relevansi. Pada dasarnya, jejaring sosial ini menampilkan post prioritas untuk Anda, menentukan konten mana yang Anda lihat berdasarkan kemungkinan Anda benar-benar ingin melihatnya. Semua ini ditentukan oleh tools social media management Anda, seperti likes, views, comments, share, dan subscribe.

Analisa ini tersedia di halaman media sosial Anda, dan penting bagi Anda untuk memahami apa arti metrik utama ini untuk meningkatkan kesuksesan konten Anda dengan lebih baik. Analitik ini juga dapat digunakan oleh social media agency untuk membantu Anda melakukan social media management. Tiga analitik teratas yang paling sering digunakan adalah engagement, reach, dan impression.

Engagement

Dari tiga metrik di atas, engagement merupakan metrik satu-satunya yang menentukan tingkat kegiatan pengguna. Engagement diukur dengan tingkat keaktifan, seperti like, comment, share, link click, dan bisa dibilang ini salah satu metrik terpenting yang harus diperhatikan saat mengukur tingkat keberhasilan media sosial Anda.

Keaktifan pengguna memiliki peran besar dalam menentukan siapa yang akan melihat unggahan konten Anda di masa mendatang, itulah sebabnya konten yang menarik sangat penting untuk tujuan bisnis Anda. Saat post Anda berhasil memotivasi pengguna untuk melakukan sesuatu, entah itu like, mengunjungi akun Anda, atau bahkan sampai membeli produk atau menggunakan jasa Anda, berarti membuktikan bahwa kualitas konten yang Anda keluarkan sampai pengguna berubah menjadi pelanggan. Setelah melihat dari engagement ini, kemungkinan besar Anda akan mengonversi pengguna-pengguna ini menjadi pelanggan potensial untuk bisnis Anda.

Reach

Cara terbaik untuk memikirkan tentang reach adalah melihat jumlah orang-orang unik yang benar-benar melihat konten Anda. Reach berfokus pada jumlah orang yang terekspos sebuah konten. Jadi, jika 100 orang melihat konten Anda, berarti angka reach Anda adalah 100, walaupun satu orang bisa jadi melihat konten Anda lebih dari sekali. Jika Anda mencoba mempromosikan produk atau jasa Anda di Facebook, ada 3 kategori reach yang bisa dilihat, yaitu organic reach, paid reach, dan viral reach

  1. Organic reach mewakili jumlah orang unik yang melihat sebuah konten tanpa mengeluarkan uang, di newsfeed mereka setelah konten tersebut dimuat di page Anda.
  2. Paid reach adalah jumlah orang yang melihat konten Anda sebagai hasil dari iklan atau promosi. Paid reach dipengaruhi oleh pembelanjaan iklan Anda, jadi semakin banyak Anda mengeluarkan uang untuk iklan, semakin banyak orang yang akan melihat iklan tersebut.
  3. Viral reach adalah jumlah orang unik yang melihat konten Anda sebagai hasil dari pengguna lain memberi like, berkomentar, atau membagikan konten tersebut. Ini jadi merupakan hasil dari post organic dan/atau post berbayar.

Impressions

Impression berfokus pada berapa kali konten Anda ditampilkan kepada pengguna lain. Secara teori, followers Anda seharusnya melihat setiap konten yang Anda berikan. Namun sayangnya, platform media sosial menggunakan algoritma yang kompleks untuk menentukan konten mana yang ditampilkan untuk pengguna mana, dan sebagai hasilnya, hanya segelintir follower Anda yang mengetahui aktivitas Anda setiap kali Anda mempublikasi sebuah konten.

Lalu, yang mana yang harus Anda perhatikan ketika memulai social media marketing? Ketiganya penting, namun Anda tidak perlu bingung jika Anda menggunakan jasa social media agency, karena permasalahan mengenai engagement, reach, dan impressions akan dilakukan oleh tim social media agency tersebut. IDEOWORKS dapat menjadi pilihan yang tepat untuk membantu aktivitas social media management Anda, sehingga Anda tidak perlu khawatir. Kami memiliki tim yang ahli dan profesional. Tunggu apa lagi?

More Info

CONTACT US

Address

Pejaten Barat 46, Pasar Minggu

Jakarta Selatan 12510 INDONESIA

Email marketing@ideoworks.co.id

Phone/WA +62 812 9000 66150

Back to top